"Uptakes" dan "Speech Monitoring" siswa EFL sebagai Hasil Umpan Balik Korektif Oral
EFL Students' Uptakes and Speech Monitoring as a Result of Oral Corrective Feedback
Setiap siswa membuat kesalahan dalam berbicara. Untuk membuat siswa menyadari kesalahan mereka dalam berbicara Bahasa Inggris, dosen harus membantu mereka dengan memberikan umpan balik korektif lisan. Sebuah pelajaran mengungkapkan bahwa siswa melakukan perbaikan diri sebagai "uptake" atau respon setelah mendapatkan umpan balik korektif lisan. Namun, penelitian terbatas telah mempelajari pengaruh umpan balik korektif lisan terhadap "speech monitoring" siswa sesuai dengan "uptakes" atau respon siswa setelah mendapatkan umpan balik korektif lisan. Oleh karena itu, sebuah penelitian bertujuan tidak hanya untuk menyelidiki "uptake" siswa setelah mendapatkan korektif umpan balik lisan tetapi juga pemantauan ucapan mereka setelah melakukan "uptakes" atau respon sebagai hasil korektif umpan balik lisan yang telah dilakukan.
Penelitian ini dilakukan untuk menyelidiki jenis dan waktu yang diberikan oleh dosen hasil umpan balik korektif kepada siswa, untuk mengungkapkan "uptakes" siswa setelah mendapatkan korektif umpan balik lisan, dan untuk menjelaskan bagaimana siswa memantau ucapan mereka setelah melakukan "uptakes" sebagai hasil umpan balik korektif lisan. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan berbasis interaksi riset. Pesertanya adalah 37 mahasiswa dari berbagai program studi di salah satu universitas di Jawa Timur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan umpan balik korektif lisan oleh dosen adalah positif agar siswa tidak melakukan kesalahan yang sama. Penggunaan beberapa jenis dan waktu korektif umpan balik lisan dapat meningkatkan "uptakes" atau respon siswa dan juga meningkatkan pemantauan ucapan siswa.
Every student makes mistakes in their speaking. To make students aware of their speech errors in their speaking, lecturers should help them by giving oral corrective feedback. A study revealed that the students did self-repair as an uptake after getting oral corrective feedback. However, limited research has studied the influence of oral corrective feedback to the students’ speech monitoring according to the students’ uptakes after getting oral corrective feedback. Therefore, a study aims not only to investigate students’ uptakes after getting oral corrective feedback but also their speech monitoring after doing the uptakes as a result of oral corrective feedback has been conducted.
This research was done to investigate the types and times that the lecturer gives the oral corrective feedback to the students, to reveal the uptakes of students after getting oral corrective feedback, and to explain how students monitor their speech after doing uptakes as a result of oral corrective feedback. The method used was qualitative research using interaction-based research. The participants were 37 students from different study programs in one of universities in East java.
The result showed that the use of oral corrective feedback by the teacher was positive for the students to prevent the same errors. The use of some types and times of oral corrective feedback could raise students’ uptakes and improve students’ speech monitoring as well.