Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Rempeyek Tuban
Analysis Of Faktors That Influence The Decision To Buy rempeyek Tuban
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian rempeyek Tuban. Jenis penelitian menggunakan kuantitatif dengan rumus Slovin sehingga jumlah responden 89 konsumen yang melakukan pembelian rempeyek Tuban. Pengumpulan data berupa observasi dan angket online. Penelitian ini menggunakan teknik analisis faktor dengan KMO (Kaiser-Mayer-Olkin). Faktor pertama pemenuhan kebutuhan sekunder dengan varians sebesar 37,244%, faktor kedua faktor rempeyek yang disajikan menggugah selera dengan varians sebesar 9,834%. Faktor ketiga faktor pengaruh tetangga dengan varians sebesar 6,948%, faktor keempat faktor harga mempengaruhi daya beli konsumen dengan varians sebesar 5,492%, faktor kelima faktor pemenuhan kebutuhan fisik dengan varians sebesar 5,008%, faktor keenam faktor kebutuhan fisiologis yaitu tingkat paling dasar yang berhubungan dengan kebutuhan primer dengan varians sebesar 4,489%. Sehingga yang menjadi faktor dominan yaitu faktor pertama adalah faktor pemenuhan kebutuhan sekunder. Penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh pihak home industri, dan untuk pembaca.
this research aims to explain and analyze factors that influence purchasing decisions rempeyek Tuban. the research used is factor analysis. This type of research uses quantitative with slovin formula so that the number of respondents 89 consumers who purchase rempeyek Tuban. Data collection the form of observation and questionnaire online. This study using techniques factor analysis with KMO (Kaiser-Mayer-Olkin). The first factor is the fulfillment of secondary needs with a variant of 37,244%. The second factor is peanut brittle factor that is served to arouse the appetite with a variant of 9.834%. The third factor is neighbor's influence with a variant of 6.948%. The fourth factor is price factor that affecting the purchasing power of consumers with a variant of 5,492%. The fifth factor is fulfillment of physical needs with a variant of 5,008%. The sixth factor is physiological needs factor, namely the most basic level of needs related to primary needs with a variant of 4,889%. With the result that the dominant factor is the first factor is there a secondary fulfillment factor. This research can be utilized by the home industry and for readers.