EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS DIGITAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI SISTEM PENCERNAAN
THE EFFECTIVENESS OF DIGITAL-BASED DISCOVERY LEARNING MODEL ON UNDERSTANDING THE CONCEPT OF THE DIGESTIVE SYSTEM MATERIAL
Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas model discovery learning berbasis digital (powerpoint dan video animasi pembelajaran) terhadap pemahaman konsep peserta didik materi sistem pencernaan. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu Pre experimental Design. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest Posttest. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 60 Surabaya. Sampel dalam penelitian terdapat dua kelompok yaitu kelompok eksperimen (VIII-H) menggunakan model pembelajaran discovery learning berbasis digital dan kelompok kontrol (VIII-F) menggunakan model yang biasa diterapkan. Masing - masing kelompok berjumlah 25 peserta didik. Metode pengumpulan data yakni metode tes yang diberikan saat sebelum dan sesudah diterapkannya model discovery learning berbasis digital materi sistem pencernaan. Data nilai pretest dan posttest kemudian dianalisis menggunakan n-gain untuk mendeskripsikan kategori peningkatan pemahaman konsep peserta didik. Pada penelitian ini terdapat perbedaan hasil n-gain pada kedua kelompok yang telah diterapkan perlakuan. Model discovery learning berbasis digital menghasilkan peningkatan yang lebih besar daripada kelas yang diajar seperti biasanya. Hasil penelitian didapatkan peningkatan sebesar 68% termasuk dalam kategori sedang di kelompok eksperimen. Lain halnya pada kelompok kontrol terjadi peningkatan bernilai 18% termasuk kategori rendah. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa model discovery learning berbasis digital ini efektif digunakan dalam pemahaman konsep peserta didik agar meningkat pada materi sistem pencernaan di SMP Negeri 60 Surabaya.
Kata Kunci : Discovery Learning Berbasis Digital, Pemahaman Konsep dan Sistem Pencernaan.
The research objective was to determine the effectiveness of the digital-based discovery learning model (powerpoint and video animation learning) on students' concept undestanding of digestive system material. This type of research is Pre-Experimental Design. The research design used is the One Group Pretest - Posttest. This research was conducted at SMP Negeri 60 Surabaya. The sample in the study consisted of two groups, namely the experimental group (VII-H) using a digital-based discovery learning model and the control group (VIII-F) using the commonly applied model. Each group consists of 25 students. The data collection method is the test method given before and after the implementation of the digital-based discovery learning model on digestive system material. The data from pretest dan posttest were then analyzed using N-gain to describe the categories of increasing students' conceptual undestanding. In this study, there were differences in the n-gain results in the two groups that had been applied treatment. Digital-based discovery learning models result in greater improvement than a typical classroom teaching. The results showed an increase of 68% including in the medium category in the experimental group. Annother case in the control group there was an increase of 18%, including the low category. Thus it can be concluded that this digital-based discovery learning model is effectively used in students' concept undestanding to improve the digestive system material in SMP Negeri 60 Surabaya.
Keywords : Digital-based Discovery Learning, Understanding of the concept and Digestive System.