Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation dengan metode Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPS SMAN 1 Bangil. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan nonequivalent control group design. Subyek dalam penelitian ini menggunakan kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3 SMAN 1 Bangil. Teknik penelitian data yang digunakan adalah tes pilihan ganda guna mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik lalu data yang diperoleh dianalisis dengan uji T (Mann Whiteney test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Group Investigation dengan metode Problem Solving mempunyai pengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik yang dibuktikan oleh perolehan uji t dengan taraf signifikansi 0,028 < 0,05. Sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation dengan metode Problem Solving memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPS SMAN 1 Bangil dan kelas eksperimen memiliki kemampuan berpikir kritis lebih tinggi dari kelas kontrol yang dibuktikan dengan peringkat rata-rata (mean rank) kelas eksperimen sebesar 34,57 dan kelas kontrol sebesar 25,28.
Kata Kunci: Group investigation, Problem solving, Kemampuan Berpikir Kritis
The purpose of this study is to know the influence of Group Investigation model learning and Problem Solving method towards critical thinking skill of social study students grade XI of SMAN 1 Bangil. The type of this study is a quasi-experimental design with nonequivalent control group design. The subjects of this research are social study students grade XI 2 and social study students grade XI 3 SMAN 1 Bangil. The research of data technique used in this study is multiple choice test to measure students’ critical thinking skill and then the collected data is analyzed by T-test (Mann Whiteney test). The result of this study shows that Group Investigation model learning and Problem Solving method had an influence on students’ critical thinking skill which is proved by T-test result with significance level 0,028 > 0,05. So it can be concluded that Group Investigation model learning and Problem Solving method had an influence on students’ critical thinking skill social study students grade XI 2 and social study students grade XI 3 SMAN 1 Bangil and the experiment class has critical thinking skills higher than the control class proved by mean rank of experiment class 34,57 and control class 25,28.
Key word: Group investigation, Problem solving, Critical thinking skill