STOP BULLYING SEBAGAI TEMA BERKARYA SENI LUKIS DI KELAS VIII SMPN 33 GRESIK
STOP BULLYING AS A THEME FOR PAINTING ARTS IN CLASS VIII SMPN 33 GRESIK
Bullying merupakan tindakan kekerasan yang umumnya ditujukan kepada seseorang yang lebih lemah. Biasanya tindakan ini banyak dijumpai di lingkungan sekolah tingkat menengah pertama, khususnya di SMPN 33 Gresik. Ketika melakukan observasi, hasilnya menunjukan bahwa masih terjadi tindakan bullying yang menimpa para siswa-siswi di sana. Pembelajaran dengan tema yang itu-itu saja membuat berkurangnya rasa antusias siswa dalam berkarya seni lukis, serta ingin memberikan pengetahuan terkait media dan teknik dalam berkarya seni lukis pada media kanvas. Melihat permasalahan yang muncul diatas, maka diperlukan sebuah pembelajaran berkarya seni lukis dengan tema stop bullying menggunakan media kanvas pada siswa kelas VIII SMPN 33 Gresik.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menjelaskan proses pelaksanaan pembelajaran berkarya seni lukis dengan tema stop bullying menggunakan media kanvas yang dilakukan oleh siswa kelas VIII SMPN 33 Gresik sehingga siswa dapat meningkatkan kemampuan dan kreativitas dalam dalam penguasaan alat dan media serta menguasai teknik dalam berkarya seni lukis dengan media kanvas, tujuan tersebut dicapai dengan membuat perencanaan pembelajaran, serta melaksanakan tindakan sehingga pelaksanaan tersebut dapat membuahkan hasil dari kegiatan evaluasi dan refleksi.
Dalam penelitian ini, menggunakan metode action research guna memperoleh dan menyajikan proses kegiatan pembelajaran seni lukis dengan mengusung tema stop bullying sehingga dapat teruraikannya masalah dan tujuan penelitian, serta terlihat sebuah ketercapaian ataupun kendala dalam pembelajaran tersebut.
Pada hasil penelitian, menjelaskan pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan tahap membuat perencanaan pembelajaran (action planning) pada siswa kelas VIII di SMPN 33 Gresik, yaitu dengan menyusun RPP, membuat modul serta mempersiapkan peralatan dan media, dalam hal ini media yang digunakan adalah media kanvas. Pada pelaksanaan pembelajaran (action taking) dilakukan dengan tiga tahap yaitu kegiatan awal pembelajaran, inti pembelajaran serta kegiatan penutup dan penulis melakukan observasi pada setiap proses dan hasil karya siswa sehingga dapat dilakukan evaluasi dan refleksi (evaluating & reflection) yang mengahasilkan bahwa 55% karya siswa yang dihasilkan sangat baik dan cukup baik, sehingga pembelajaran ini membuat siswa antusias serta mampu meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan kreativitas serta penguasaan media dan teknik berkarya seni lukis khususnya pada media kanvas.
Kata Kunci : Bullying, Seni Lukis, Pembelajaran, Action Research, SMPN 33 Gresik.
Bullying is an act of violence that is generally directed at someone who is weaker. Usually this action is often found in junior high school environments, especially at SMPN 33 Gresik. When conducting observations, the results showed that bullying was still occurring among students there. Learning with the same theme alone reduces students' enthusiasm for painting, and they want to provide knowledge regarding media and techniques for painting on canvas. Seeing the problems that arise above, it is necessary to learn to create painting works with the theme of bullying using canvas media for class VIII students at SMPN 33 Gresik.
This research aims to see and explain the process of implementing learning to create painting with the theme of bullying using canvas media carried out by class VIII students at SMPN 33 Gresik so that students can improve their abilities and creativity in mastering tools and media as well as mastering techniques in creating painting using media. canvas, this goal is achieved by making learning plans and carrying out actions so that the implementation can produce results from evaluation and reflection activities.
In this research, the action research method is used to obtain and present the process of painting learning activities with the theme of bullying so that the problem and research objectives can be explained, and achievements or obstacles in the learning can be seen.
The results of the research explain that the implementation of learning was carried out at the stage of making learning plans (action planning) for class VIII students at SMPN 33 Gresik, namely by preparing lesson plans, making modules and preparing equipment and media, in this case the media used was canvas media. In the implementation of learning (action taking) it is carried out in three stages, namely initial learning activities, core learning activities and closing activities and the author observes each process and student work so that (evaluation and reflection) can be carried out which results in 55% of the student work produced being very good and quite well, so that this learning makes students enthusiastic and able to improve their knowledge, abilities and creativity as well as mastery of media and painting techniques, especially on canvas media.
Keyword : Bullying, Painting, Learning, Action Research, SMPN 33 Gresik.