Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif untuk mendukung pembelajaran materi sifat koligatif larutan menggunakan model inquiry training. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP, BAS, LKS, dan lembar penilaian. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implement, dan evaluate) dan diterapkan pada pilot implementation dan final implementation di kelas XII SMA Trensains Tebuireng, Jombang semester gasal tahun ajaran 2016-2017dengan rancangan penelitian one grup pretest - posttest design. Validitas perangkat diukur dari aspek konsistensi (validitas konstruk) dan aspek relevansi (validitas isi) berdasarkan penilaian para validator. Hasil analisis data validasi diperoleh bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid secara konstruk dan valid secara isi dengan skor mencapai ≥ 3. Kepraktisan perangkat diukur dari keterlaksanaan perangkat pembelajaran dan aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran. Hasil analisis data pengamatan keterlaksanaan proses pembelajaran diperoleh bahwa perangkat pembelajaran praktis digunakan dengan skor pengamatan keterlaksanaan proses pembelajaran pada setiap pertemuan mencapai ≥ 3 dan persentase aktivitas siswa selama proses pembelajaran pada setiap pertemuan mencapai ≥ 71%. Efektivitas perangkat pembelajaran diukur berdasarkan pengaruhnya terhadap kenaikan hasil belajar siswa dan hasil respons siswa pada kegiatan pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Hasil analisis data nilai posttest dan nilai pretest siswa menggunakan uji-t berpasangan satu pihak diperoleh hasil bahwa ada pengaruh signifikan perangkat pembelajaran yang dikembangkan terhadap hasil belajar, predikat yang diperoleh siswa minimal baik pada aspek sikap, dan predikat yang diperoleh siswa minimal B pada aspek keterampilan untuk setiap pertemuan. Hasil analisis persentase tanggapan “Ya” siswa yang menggambarkan penilaian siswa terhadap pelaksanaan perangkat pembelajaran (respons siswa) mencapai ≥ 81% siswa merespon dengan kategori positif. Simpulan, perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid, praktis dan efektif.
The purpose of this study is produce valid, practical, and effective instructional materials to support the learning material of colligative properties of solution using inquiry training model. Instructional materials developed included RPP, BAS, LKS, and evaluation sheet. The development of instructional materials are based on ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, and Evaluate) model and tested in XII grade of SMA Trensains Tebuireng, Jombang odd semester of school year 2016-2017 using one research group pretest-posttest design. The validity of instructional materials are measured based on aspect of consistency (construct validity) and relevant aspect (content validity) based on validator judgments. The results of the validation data analysis showed that the instructional materials developed valid in constructs and valid in content with achieving a score of ≥ 3. Practicality device measured from teacher performance in class aspects and activities of students during the learning activities. The results of the analysis of observational data obtained teacher performance in class used with a score of observation teacher performance in class learning process a teach meeting reached ≥ 3 and the percentage of student activity during the learning process a teach meeting reached ≥ 71%. The effectiveness of the learning device is measured by its influence on the increase in student learning outcomes in the classroom and the results of student responses on learning activities using instructional materials developed. The results of data analysis values posttest and the pretest students using the t-test shows that there is a difference significant influence of instructional materials are developed for learning outcomes, the predicates obtained by the students minimal good on the aspects of attitude, and predicate obtained by the students at least B on aspects of skill for each meeting. The results of the analysis of the percentage of replies "Yes"students describe student assessment of the implementation of instructional materials (student responses) reached ≥ 81% of students respond positively category. Conclusion, the instructional materials developed are valid, practical, and effective.