Jalan merupakan prasaranan transportasi darat yang paling utama dan memiliki peranan penting bagi pengguna jalan. Kondisi ketidakrataan permukaan jalan memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pengelolaan maupun pemeliharaan jalan yang nantinya dapat digunakan sebagai acuan dalam menentukan sisa umur perkerasan jalan maupun pemeliharaan jalan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sisa umur perkerasan lentur berdasarkan International Roughness Index (IRI) maupun berdasarkan Lalu Lintas Harian Rata-Rata (LHR) pada ruas Batas Kota Sumenep-Kalianget STA 0+000 – STA 4+580. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, data diperoleh dari instansi terkait dan hasil survei peneliti di lapangan.
Hasil penelitian penunjukkan bahwa sisa umur perkerasan lentur berdasarkan International Roughness Index (IRI) sebesar 0.62 tahun atau sekitar 7.44 bulan dan perlu dilakukan pemeliharaan rutin setiap 7.44 bulan untuk STA 0+000 – STA 4+580 agar jalan tetap dalam kondisi baik sampai akhir umur rencana. Berdasarkan data Lalu Lintas Harian Rata-Rata (LHR) dengan umur rencana 20 tahun maka jalan pada tahun 2020 memiliki sisa umur perkerasan sebesar 19.541 tahun dan akan berakhir pada tahun 2039 dengan sisa umur perkerassan sebesar 0 tahun, sehingga agar jalan tetap dalam kondisi baik sebaiknya dilakukan pemeliharaan rutin minimal dua kali dalam satu tahun menurut Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 13/PRT/M/2011 tentang Tata Cara Pemeliharaan dan Penilikan Jalan pemeliharaan
Kata Kunci : IRI, LHR, Sisa Umur Perkerasan.
Roads are the most important land transportation infrastructure and have an important role for road users. The condition of road surface unevenness has a very important role in the process of management and road maintenance which can later be used as a reference in determining the remaining life of road pavement and road maintenance.
The purpose of this study was to determine the remaining age of the flexible pavement based on the International Roughness Index (IRI) and based on the Average Daily Traffic (LHR) on the Sumenep-Kalianget City Boundary Section STA 0 + 000 - STA 4 + 580. The research method used is descriptive quantitative, data obtained from relevant agencies and the results of survey researchers in the field.
The research results show that the remaining age of the flexible pavement based on the International Roughness Index (IRI) is 0.62 years or around 7.44 months and routine maintenance is required every 7.44 months for STA 0 + 000 - STA 4 + 580 so that the road remains in good condition until the end of the planned life. Based on the average Daily Traffic (LHR) data with a planned age of 20 years, the road in 2020 has a remaining pavement life of 19,541 years and will end in 2039 with a remaining service life of 0 years, so that the road remains in good condition should routine maintenance is performed at least twice a year according to Regulation of the Minister of Public Works Number 13 / PRT / M / 2011 concerning Procedures for Maintenance and Ownership of Road maintenance
Keywords: IRI, LHR, Remaining Service Life.