DEUTSCH DOMINO UNTUK PENGAKTIFAN KOSAKATA BAHASA JERMAN
DEUTSCH DOMINO FOR GERMAN VOCABULARY ACTIVATION
Memperbanyak penguasaan kosakata merupakan salah satu dasar bagi peserta didik untuk mempelajari empat keterampilan berbahasa yaitu, lesen (membaca), schreiben (menulis), hören (mendengar), dan sprechen (berbicara). Dalam keterampilan menulis penguasaan kosakata merupakan unsur penting supaya peserta didik dapat merangkai kosakata menjadi sebuah kalimat. Namun untuk menguasai kosakata Bahasa Jerman tidaklah mudah kerana selain kosakata jumlahnya sangat banyak, terutama dalam setiap kata benda dalam Bahasa Jerman memiliki artikelnya sendiri. Maka dibuatlah produk media Deutsch Domino untuk pembelajaran keterampilan menulis kalimat sederhana Bahasa Jerman. Media ini bertemakan “Schule” yang terdiri dari Nomen (kata benda), Verben (kata kerja), dan Adjektiv (kata sifat), yang dikemas dengan tampilan yang menarik supaya peserta didik dapat belajar dan bermain. Tujuan artikel ini untuk mengetahui kelayakan media Deutsch Domino untuk pembelajaran keterampilan menulis kalimat sederhana Bahasa Jerman berdasarkan validasi ahli materi dan ahli media. Artikel ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model ADDIE sampai pada tahap pengembangan, subjek yang digunakan siswa SMA kelas X. Hasil yang diperoleh oleh dari validasi ahli media dikatakan bahwa Deutsch Domino layak digunakan dengan memperoleh presentasi 78,66% katagori baik. Sedangkan hasil dari ahli materi memperoleh presentase 94% kategori sangat baik.
Increasing vocabulary mastery is one of the basics for students to learn four language skills, namely, lesen (reading), schreiben (writing), hören (listening), and sprechen (speaking). In writing skills, mastery of vocabulary is an important element so that students can assemble vocabulary into a sentence. However, mastering German vocabulary is not easy because apart from the large number of vocabulary words, especially in German, every noun has its own article. So Deutsch Domino media product was made for learning German simple sentence writing skills. This media has the theme "Schule" which consists of Nomen (nouns), Verben (verbs), and Adjekctiv (adjectives), which are packaged in an attractive appearance so that students can learn and play. The purpose of this article is to determine the feasibility of Deutsch Domino media for learning German simple sentence writing skills based on the validation of material experts and media experts. This article uses the development research method with the ADDIE model up to the development stage, the subject used is class X high school students. The results obtained from the validation of media experts say that Deutsch Domino is feasible to use with a presentation of 78,66% in the good category. While the results of the material experts obtained a percentage of 94% in the very good category.