ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajar bahasa Jepang yang masih kesulitan dalam menulis kosakata bahasa Jepang , khususnya menulis kosakata Katakana Meishi. Kemudian tidak didukung dengan adanya media pembelajaran pada proses pembelajaran berlangsung juga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Sehingga dalam penelitian ini digunakan media permainan Monopoli Katakana ‘MonoKata’ untuk meningkatkan kemampuan menulis kosakata Katakana Meishi.
Konsep media permainan Monopoli Katakana ‘MonoKata’ yaitu menyajikan sarana belajar dan menyediakan soal latihan atau renshuu, khususnya pada pembelajaran menulis kosakata Katakana. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh media permainan Monopoli Katakana ‘MonoKata’ terhadap kemampuan menulis kosakata Katakana Meishi pada siswa kelas X bahasa SMA Negeri 1 Grati Pasuruan serta respon siswa terhadap media permainan Monopoli Katakana ‘MonoKata’.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan True Eksperimental Design karena menggunakan dua subjek penelitian yang dibandingkan dan diberi perlakuan yang berbeda. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X bahasa yang berjumlah 33 siswa dan X IPA 1 yang berjumlah 35 siswa, sedangkan untuk menentukan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen digunakan metode undian (untung-untungan) sehingga didapatkan hasil yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas X bahasa, sedangkan yang menjadi kelas kontrol adalah kelas X IPA 1.
Berdasarkan hasil perhitungan t-test untuk melihat mean perbedaan kedua kelas, diperoleh nilai t-test = -5,64. Sehingga dinyatakan bahwa media permainan Monopoli Katakana ‘MonoKata’ tidak mempunyai pengaruh yang signifikan. Namun jika dilihat dari analisis data angket respon siswa tentang media permainan Monopoli Katakana ‘MonoKata’, mendapat prosentase sebanyak (90%) pada pernyataan angket tentang ketertarikan media permainan Monopoli Katakana ‘MonoKata’ yang digunakan. Sehingga dikatakan bahwa penggunaan media permainan Monopoli Katakana ‘MonoKata’ memiliki respon yang positif.
Kata kunci : Permainan Monopoli Katakana ‘MonoKata’, Kosakata Katakana Meishi.
ABSTRACT
This research is motivated by Japanese language learners who are still having difficulties in writing Japanese vocabulary, specifically writing Katakana Meishi vocabulary. Then not supported by the existence of learning media in the ongoing learning process also affects student learning outcomes. So that in this study used Monopoly Katakana game media 'MonoKata' to improve the ability to write Katakana Meishi vocabulary
The concept of the Monopoly Katakana game media ‘MonoKata’ is to present a learning tool and provide practice questions or renshuu, especially in the learning of Katakana vocabulary writing. The purpose of this study was to describe the influence of the Monopoly Katakana game media ‘MonoKata’ on the ability to write Katakana Meishi vocabulary in class X students of SMA Negeri 1 Grati Pasuruan as well as student responses to the Monopoly Katakana game media ‘MonoKata’.
This research is a quantitative research. The type of approach used in this study uses the True Experimental Design approach because it uses two research subjects that are compared and given different treatments. The sample of this research was class X students of 33 students and X science 1 of 35 students, while to determine between the control class and the experimental class the lottery method was used so that the results of the experimental class were class X language, while the control class is class X IPA 1.
Based on the results of the t-test calculation to see the mean difference between the two classes, t-test value = -5.64 was obtained. So that it is stated that the Monopoly Katakana game media 'MonoKata' does not have a significant effect. However, when viewed from the analysis of student response questionnaire data about the Monopoly Katakana game media ‘MonoKata’, it gets a percentage of (90%) on the questionnaire statement about the interest of the Monopoly Katakana game media’MonoKata ‘used. So that it is said that the use of Monopoly Katakana game media 'MonoKata' has a positive response.
Keywords: Monopoly Katakana ‘MonoKata’ Game, Katakana Meishi Vocabulary.