Menulis puisi merupakan kegiatan yang bersifat kreatif dan produktif yang mengungkapkan gagasan, perasaan dan pikiran dalam sebuah tulisan dengan memperhatikan keindahan. Salah satu metode pembelajaran yang cocok digunakan dalam pembelajaran menulis puisi adalah metode Outdoor Study. Metode ini mengajak siswa untuk mengamati sesuatu di lingkungan sekitar sekolah untuk ditulis dalam puisinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode Outdoor Study terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SDN Leminggir Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Quasi Eksperiment Design. Desain penelitian yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Leminggir Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto. Sampel penelitiannya adalah kelas IV B sebagai kelas eksperimen dan kelas IV A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah teknik observasi dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 57,3 dan pretest kelas kontrol sebesar 57,8, sedangkan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 81,05 dan kelas kontrol sebesar 77,95. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis data post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh t_hitung (2,337) > t_tabel (2,02439) yang berarti H_a diterima dan H_0 ditolak dengan kesimpulan yaitu adanya pengaruh metode Outdoor Study terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SDN Leminggir Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto.
Writing poetry is creative and productive activity that reveals ideas, feelings, and thoughts on a text with beauty words. One of the methods that suitable for writing poetry is Outdoor Study method. This method makes students to observe something in the school’s environment to be written in his poetry. Therefore, the purpose of this research is to determine the influence of Outdoor Study method on poetry writing skills in IV grade of Leminggir elementary school Mojosari district Mojokerto city.
The type of this research is experimental research and used Quasi Eksperiment Design. The research design used is Nonequivalent Control Group Design. The population of this research was fourth grade students at Leminggir elementary school Mojosari district Mojokerto city. The research sampel was class IV B as the experimental class and class IV B as the control class. The retrival data techniques is observation and test. The analisys data techniques is validity test, reliability test, normality test, and hypothesis test.
The results showed that the average of pretest in the experimental class was 57,3 and 557,8 for control class. While the average of post-test in the experimental class was 81,05 and 77,95 for control class. Based of the result from hypothesis test on post-test experimental class and control class data obtained t_hitung (2,337) > t_tabel (2,02439) which mean H_a accepted and H_0 rejected and the conclusion is that there are influence of Outdoor Study method on poetry writing skills in IV grade of Leminggir elementary school Mojosari district Mojokerto city.