KEEFEKTIFAN KEGIATAN BERCERITA UNTUK MENUMBUHKAN PERCAYA DIRI ANAK USIA 6 TAHUN
THE EFFECTIVENESS OF STORYTELLING ACTIVITIES TO GROW CONFIDENCE IN CHILDREN AGED 6 YEARS
Tujuan penelitian ini untuk melihat kegiatan bercerita efektif atau tidak untuk menumbuhkan percaya diri anak usia 6 tahun dengan treatment yang diberikan melalui membaca buku cerita dan buku digital. Penelitian ini menggunakan metode Single Subject Research (SSR). Penelitian ini menggunakan desain penelitian A-B-A dengan 2 subjek. Pencatatan data target behavior selama 15 kali, 5 hari untuk fase baseline-1 (A1) peneliti membacakan buku cerita dan tanya jawab tentang buku cerita tersebut dengan durasi 5-8 menit, 5 hari untuk fase intervensi (B) peneliti membacakan cerita dan anak membacakan cerita dengan durasi 6-16 menit, 5 kali untuk fase baseline-2 (A2) peneliti mengulang kembali cerita dan bertanya jawab pada anak seperti minggu pertama atau fase baseline pertama dengan durasi 8-10 menit. Penelitian ini menggunakan pencatatan data secara langsung, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan dokumentasi (foto, video dan lembar observasi). Sementara itu teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan bentuk grafik garis. Hasil dari penelitian ini kegiatan bercerita mampu menumbuhkan percaya diri anak usia 6 tahun, hal ini dapat dilihat dengan meningkatnya kemampuan anak pada setiap fase baseline-1, intervensi dan baseline-2, terutama pada saat fase intervensi dimana anak diminta untuk membacakan cerita dan anak percaya diri ketika membacakan cerita. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode SSR dapat berpengaruh terhadap kemampuan anak tentunya dalam menumbuhkan kepercayaan diri anak usia 6 tahun.
Kata Kunci: Bercerita, Percaya diri
The purpose of this study is to see whether storytelling activities are effective or not to grow the confidence of 6 yearolds with the treatment provided through reading storybooks and digital books. This study used the Single Subject Research (SSR) method. This study used an A-B-A research design with 2 subjects. Recording of target behavior data for 15 times, 5 days for the baseline-1 phase (A1) the researcher reads the storybook and questions and answers about the storybook with a duration of 5-8 minutes, 5 days for the intervention phase (B) the researcher reads the story and the child reads the story with a duration of 6-16 minutes, and 5 times for the baseline-2 phase (A2) the researcher repeats the story and asks questions to the child such as the first week or the first baseline phase with a duration of 8-10 minutes. This study uses direct data recording, the data collection techniques used are observation and documentation methods (photos, videos and observation sheets). Meanwhile, data analysis techniques use descriptive statistics in the form of line graphs. The results of this study storytelling activities are able to grow the confidence of children aged 6 years, this can be seen by the increase in children's abilities in each phase of baseline-1, intervention and baseline-2, especially during the intervention phase where children are asked to read stories and children are confident when reading stories. It can be concluded that the use of the SSR method can affect the ability of children, of course, to grow the self-confidence of children aged 6 years.
Keywords: Storytelling, Self-Confidence