IMPLEMENTASI PERMAINAN PICKLEBALL BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS
IMPLEMENTATION OF THE PICKLEBALL GAME FOR HIGH SCHOOL STUDENTS
Dani Primanata 2021. Implementasi Permainan Pickleball di Sekolah Menengah Atas. Tesis, Program Studi Pendidikan Olahraga, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing : I. Dr. Advendi Kristiandaru, S.Pd., M.Pd. dan II. Dr. Abdul Rachman Syam Tuasikal, M.Pd.
Kata Kunci : permainan, pickleball, respon, guru, peserta didik
Permainan merupakan sesuatu tata cara yang kerap di pakai dalam pendidikan berolahraga, sebab bermain sesuatu metode untuk bereksplorasi dengan dunia sekitar sehingga membuat anak menciptakan suatu pengalaman. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui seberapa besar suatu respon guru dan siswa kelas X dan XI di MAN Surabaya terhadap model permainan pickleball, (2) Untuk mengetahui saran dan prasarana serta pengetahuan tentang seberapa besar atensi guru dan siswa kelas X dan XI dalam mengetahui permainan pickleball.
Dalam penelitian ini menggunakan model penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan intrument kuesioner. Populasi penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X dan XI Madrasah Aliyah Negeri Surabaya. Sampel yang digunakan dalam penelitian guru 3 responden dan siswa 36 responden. Pengambilan sampel dengan menggunakan quota sampling. Hasil penelitian menunjukan diperoleh repon sisi dalam mengikuti kegiatan olahraga pickleball di sekolah Madrasah aliyah Negeri Surabaya sebanyak 2 guru (66,66%) memiliki respon dengan kategori baik, sedangkan untuk siswa kategori sangat baik 1 siswa 2,77%. Kategori baik 12 sisiwa 33,33%, kategori rendah 11 sisw na 30,55%, dan kategori sangat rendah 1 siswa 2,77%. Secara keseluruhan dapat ditarik hasilnya bahwa respon guru dan sisiwa dalam mengikuti olahraga permainan pickleball termasuk dalam kategoru baik dan sedang.
Dani Primanata 2021. Implementation of Pickleball Game in High Schools. Thesis, Sports Education Study Program, Postgraduate Program, State University of Surabaya. Advisor: I. Dr. Advendi Kristiandaru, S.Pd., M.Pd. and II. Dr. Abdul Rachman Syam Tuasikal, M.Pd.
Keywords: games, pickleball, response, teacher, learners
Games are a method that is often used in sports education, because playing is a method to explore the world around it so that it makes children create an experience. This study aims to (1) find out how much the response of teachers and students of class X and XI in MAN Surabaya to the pickleball game model, (2) to find out the suggestions and infrastructure as well as knowledge of how much attention the teachers and students of class X and XI have in knowing pickleball game.
In this study using a research modelquantitative descriptive using a questionnaire instrument. The population of this study were teachers and students of class X and XI in Madrasah Aliyah Negeri Surabaya. The sample used in the study of teachers of 3 respondents and students of 36 respondents. Sampling using quota sampling. The results showed that 2 teachers (66.66%) had good responses in participating in pickleball sports activities at Madrasah aliyah students, while 1 student was 2.77% for very good students. Good category 12 students 33.33%, low category 11 students 30.55%, and very low category 1 student 2.77%. Overall, the results can be drawn that the responses of teachers and students in participating in the pickleball game are categorized as good and medium.