Model pembelajaran kooperatif STAD merupakan model pembelajaran yang menekankan pada kegiatan kelompok, kuis, peningkatan skor individu, penghargaan individu atau kelompok serta keterampilan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) keterlaksanaan sintaks, 2) aktivitas siswa, 3) hasil belajar siswa, dan 4) respon siswa.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-eksperimen dengan desain penelitian one grup pre-test post-test design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Busana 2 SMK Negeri 1 Jabon tahun pelajaran 2019/2020 sejumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan angket. Analisis data menggunakan rumus rata-rata, uji t, dan persentase.
Hasil penelitian ini adalah 1) keterlaksanaan sintaks pada pertemuan pertama dan kedua mendapat nilai rata-rata sebesar 3,68 dan 3,91 dengan kategori sangat baik. 2) aktivitas siswa pada pertemuan pertama dan kedua mendapat rata-rata persentase sebesar 93,5% dan 97,8% dengan kategori sangat baik. 3) hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif STAD mengalami peningkatan secara signifikan dari rata-rata nilai pre-test ranah kognitif 54,91 menjadi post-test 86,77. Pada ranah psikomotor mengalami peningkatan secara signifikan dari pre-test 55,22 menjadi post-test 84,47. 4) Respon siswa secara keseluruhan mencapai 93,5% dengan kategori sangat baik.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif STAD, Pengetahuan Bahan Tekstil, Hasil Belajar
STAD cooperative learning model is a learning model that emphasizes teamwork activity, quizes, individual improvement scores, individual or team awards and social skills. This research purpose to know: 1) the implementation syntax, 2) the activities of students, 3) the result study of students, 4) the student’s respons.
This research used type of pre-experiment research with design of one grup pre-test post-test design. The subject were students of class X Fashion 2 at State Vocational School 1 Jabon periode lesson of 2019/2020 as many 36 students. The methods of data collection used observation, tests, and questionnaire. The data analysis used means, t-test and prosentase.
The result of this reseach showed that: 1) the implementation syntax at the first and second meeting reached a means value of 3,68 and 3,91 that include at very good category. 2) the activity student at the first and second meeting reached 93,5% and 97,8% that include very good category. 3) the result study of students on the cognitive significantly increase from pretest 54,91 to posttest 86,97. Than the psicomotor significantly increase from pretest 55,22 to posttest 84,47. 4) The response of students to overall reached 93,5% with very good category.
Keywords: Cooperative learning model of STAD, Knowlwdge of Materials Textile, Result of study