Kajian Kesatuan dan Keterpaduan dalam Tulisan Siswa Sekolah Menengah Indonesia
A Study of Unity and Coherence in Indonesian Secondary School Students Writing
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi performa siswa sekolah menengah dalam menggunakan kesatuan dan keterpaduan dalam menulis paragraf serta mengeksplor kesalahan menulis yang mungkin mereka alami selama prosesnya. Data untuk analisis adalah sampel tulisan dan hasil wawancara 10 siswa sekolah menengah di Jawa Timur yang berpartisipasi dalam kajian ini. Seluruh siswa diberi sebuah tautan ke Google Form yang menjadi sarana pengumpulan tulisan mereka tentang "budaya" dalam waktu 24 jam, kemudian mereka diwawancarai esoknya untuk mencari tahu kendala-kendala dalam menulis yang mungkin mereka temui selama menulis. Hasil menunjukkan bahwa para siswa menulis teks dengan kesatuan dan keterpaduan yang baik meskipun memproduksi kesalahan kecil. Sementara, para siswa menyebutkan kendala-kendala kepenulisan seperti tata bahasa, memilih kosa kata yang benar dan tepat, kesalahan pengejaan, serta struktur dan organisasi.
This research is aimed to investigate secondary school students’ performance in using unity and coherence in paragraph writing as well as to explore writing issues they might face during writing process. The data for analysis were writing samples and interview results from 10 East Java secondary school students who participated in this study. Students were given a link to Google Form where they must submit their writing about “culture” within 24 hours, then they were interviewed the next day to find out writing problems they might encounter during writing. Findings showed that the students wrote texts with good unity and coherence albeit minor mistakes they produced. As for writing issues, the students mentioned grammatical, choosing the correct and suitable vocabulary, misspelling, as well as structure and organization.