Angkutan umum di daerah Magetan masih kurang dalam hal kinerja pelayanan maupun operasional. Hal ini dibuktikan dengan hasil survey load factor oleh pihak Dinas Perhubungan pada tahun 2016 yang masih jauh dibawah standar 70%. Penelitian bertujuan untuk mengetahui lebih jauh mengenai kinerja angkutan perkotaan di Kabupaten Magetan. Untuk analisis kinerja operasional menggunakan standarisasi yang sudah ditetapkan pemerintah, sedangkan untuk pelayanan menggunaka metode analisis IPA (Importance Performance Analysis).
Berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan yaitu hasilnya untuk semua trayek angkutan kota di Kabupaten Magetan untuk kinerja operasional dari setiap lyn masih kurang baik dengan load factor yang masih jauh dari standar yang ditentukan (70%) yaitu 27.93%. Waktu tunggu terlalu lama dengan rata-rata keseluruhan 28.63 menit pada jam biasa dan juga waktu pelayanan yang terbatas hanya sampai siang saja. Sedangkan kinerja pelayanan dari masing-masing lyn untuk rata-rata kinerjanya kurang puas dengan rata-rata tingkat kesesuaian responden yaitu 51.75%, dengan hasil maka kineja pelayanan masih kurang baik.
Public transportation in the Magetan area is still lacking in terms of service and operational performance. This is evidenced by the results of the load factor survey by the Department of Transportation in 2016 which is still far below the 70% standard. The study aims to find out more about the performance of urban transport in Magetan Regency. For analysis of operational performance using standardization that has been set by the government, while for services using the method of IPA analysis (Importance Performance Analysis).
Based on the results of the survey that has been conducted, the results for all routes of city transportation in Magetan Regency for operational performance of each lyn are still not good with load factors that are far from the specified standard (70%), which is 27.93%. The waiting time is too long with an overall average of 28.63 minutes during normal hours and also limited service time only until noon. While the service performance of each lyn for the average performance is not satisfied with the average level of suitability of respondents is 51.75%, with the results of the service performance is still not good.