PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU DIGITAL INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN SISTEM PENGENDALI ELEKTRONIK
THE DEVELOPMENT OF LEARNING MEDIA FOR INTERACTIVE DIGITAL BOOK IN ELECTRONIC CONTROLLER SYSTEM COURSES
Penelitian ini di latar belakangi oleh hasil obeservasi di SMKN 1 Jetis Mojokerto, bahwa terdapat permasalahan siswa yang mendapat nilai dibawah KKM dan guru sering mengadakan remidi oleh karena itu diperlukan media pembelajaran yang diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Langkah-langkah yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subyek uji coba adalah siswa kelas XII TEI di SMK 1 Jetis Mojokerto.. Subyek uji coba adalah siswa kelas XII TEI di SMK 1 Jetis Mojokerto. Desain uji coba produk yang digunakan adalah One shot case study. Kelayakan media pembelajaran ditinjau dari aspek kevalidan memperoleh hasil nilai rata-rata hasil rating seluruh validasi sebesar 85% dengan kategori valid. Kelayakan media pembelajaran ditinjau dari aspek kepraktisan dari pengisisan angket respon siswa sebanyak 30 siswa mendapatkan ratarata 87% dan dikategorikan sangat praktis. Aspek efektifitas yang ditinjau dari hasil belajar siswa. Dari tes hasil belajar akhir siswa didapatkan thitung= 13,01 >ttabel= 1,69 dengan taraf signifikasi 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar akhir siswa lebih besar atau sama dengan KKM. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diketahui bahwa media pembelajaran interaktif berbasis flipbook layak digunakan sebagai salah satu media penunjang belajar siswa dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran sistem pengendali elektronik.
Kata Kunci: media pembelajaran, buku digital interaktif, respon siswa.
This research is motivated by the results of observations at SMKN 1 Jetis Mojokerto; there have been problems with many students getting grades below the Minimum Mastery Criteria and teachers often hold remedial exams. Therefore, learning media is needed to improve student learning outcomes. The steps used in this research are ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). The test subjects were students of class XII TEI at SMK 1 Jetis Mojokerto. The product trial design used is a one-shot case study. The feasibility of learning media in terms of validity aspects obtains the average value of the rating results for all validations of 85% with a valid category. The feasibility of learning media in terms of the practicality aspect of filling in the student response questionnaire with 30 students get an average of 87% and is categorized as very practical. Aspects of effectiveness in terms of student learning outcomes. The final student learning outcomes test obtained a t-count of 13,01 greater than t-table 1,69 with a significance level of 0.05. In conclusion, the average students' final learning outcomes are greater than or equal to the Minimum Mastery Criteria. Based on the results of this study, the flipbook-based interactive learning media is suitable to support student learning in the learning process in electronic control system subjects.