Purwa, Thirsa Laules. 2021. Pengembangan Metode Total
Physical Response (TPR) Berbantuan Permainan Tradisional Dakon untuk
Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas IV Sekolah Dasar,
Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri
Surabaya, Pembimbing (1) Prof. Dr. Setya Yuwana, M,A. dan (2) Dr. Hendratno,
M.Hum.
Kata Kunci : metode
TPR, penguasaan kosakata bahasa inggris
Pembelajaran melalui metode TPR merupakan
kegiatan pembelajaran yang disusun khususnya untuk mengajarkan bahasa asing
terdiri atas koordinasi ucapan dan gerak. Bahasa asing yang dipilih untuk
digunakan dalam penelitian adalah bahasa Inggris dengan memfokuskan pada
penguasaan kosakata. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV, rasa
kurang tertarik dan tidak percaya diri siswa dalam belajar bahasa Inggris
menjadi dasar penguasaan kosakata siswa masih rendah. Siswa antusias jika dalam
kegiatan pembelajaran diminta untuk aktif berkontribusi dan dihadirkan benda
konkret, namun dengan keterbatasan yang ada masih belum dilaksanakan
sebagaimana mestinya.
Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan kualitas meliputi kevalidan,
kepraktisan, keefektifan metode TPR berbantuan permainan tradisional dakon untuk
meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris. Pengembangan yang dilakukan
terdapat pada langkah kegiatan pembelajaran dan pengonsepan pengetahuan.
Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan menggunakan model Four-D (define, design, develop, disseminate ). Teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu validasi, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Uji
pengembangan dilakukan dengan 10 siswa pada uji coba kelompok kecil di SDN
Mojorejo IV Kecamatan Modo Lamongan, dan 17 siswa pada uji coba lapangan di SDN
Mojorejo III Kecamatan Modo Lamongan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses
pengembangan metode TPR berbantuan permainan tradisional dakon untuk meningkatkan
penguasaan kosakata bahasa Inggris meliputi empat tahapan Four-D menghasilkan produk yang berkualitas. Kualitas kevalidan metode
berdasarkan komponen materi sebesar 80%, perangkat pembelajaran sebesar 89%,
dan media sebesar 100% dengan kategori sangat valid secara keseluruhan. Kualitas
kepraktisan metode diperoleh berdasarkan observasi keterlaksanaan pembelajaran
sebesar 97% dan aktivitas siswa sebesar 91% dengan kategori sangat baik. Kualitas
berdasarkan keefektifan diperoleh melalui angket siswa dan hasil tes. Hasil
angket siswa pada setiap uji coba mencapai rata-rata 97% kategori sangat baik.
Hasil pretest dan posttest dianalisis menggunakan T-test
dengan tara signifikasi 5% dan analisis N-Gain. Uji coba kelompok kecil di SDN
Mojorejo IV diperoleh thitung 10,625 (5%= 2,262<
th = 10,625). Uji coba lapangan di SDN Mojorejo III diperoleh thitung
14,405 (5%= 2,119< th = 14,405). Selain itu diperoleh analisis
N-Gain dengan hasil keduanya peningkatan sedang. Dengan demikian dapat
diketahui metode TPR berbantuan permainan tradisional dakon berkualitas dan
layak digunakan pada pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa
Inggris siswa kelas IV Sekolah Dasar.