Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar fisika sebagai penunjang pembelajaran untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis yang layak, berdasarkan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model penelitian ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Hasil validitas buku ajar sebagai penunjang pembelajaran yang dikembangkan memiliki rata-rata persentase 98,5% ditinjau dari kesesuaian materi diperoleh persentase 97,35% dengan kriteria sangat valid. 2) Hasil analisis kepraktisan ditinjau dari segi keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan persentase 87,5% dengan kriteria sangat praktis. 3) Hasil analisis keefektifan ditinjau dari pengamatan keterampilan berpikir kritis menunjukkan persentase 87% dengan kriteria efektif dan analisis angket respon perserta didik menunjukkan persentase 94,44% dengan kriteria efektif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa buku ajar fisika sebagai penunjang pembelajaran untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis pada materi suhu dan kalor yang telah dikembangkan layak digunakan dalam melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMA.
Kata kunci : Buku ajar fisika, Keterampilan Berpikir Kritis.
This study aims to produce physics textbooks to support learning to train appropriate critical thinking, based on validity, practicality and effectiveness. This research is a development research using the ADDIE research model. The results showed that 1) The results of the validity of teaching books as supporting learning developed had an average percentage of 98.5% in terms of the suitability of the material obtained by the percentage of 97.35% with very valid criteria. 2) The results of analysis of practicality in terms of the implementation of learning shows a percentage of 87.5% with very practical criteria. 3) the results of the analysis of effectiveness in terms of critical competency assessment 87% with effective criteria and questionnaire analysis of students' responses showed a percentage of 94.44% with effective criteria. From the results of the study, it can be concluded that physics textbooks as learning support to train thinking about the material and heat that have been developed can be used in training critical thinking of high school students.
Keywords: Physics textbooks, Critical Thinking Skills