Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang berkembangnya keterampilan motorik kasar anak di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 12 Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji ada atau tidaknya pengaruh permainan bola basket modifikasi terhadap kemampuan motorik kasar anak kelompok A TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 12di Surabaya.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre experiment, jenis penelitian one group pre test dan post test design dengan subjek penelitian 15 anak kelompok A di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 12 Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistic non parametric uji jenjang bertanda (Wilcoxson match pair test)
Berdasarkan hasil penelitian skor total yang didapatkan oleh 15 anak pada pre-test sebesar 62 dengan skor rata-rata sebesar 4,13 sedangkan pada kegiatan post-test skor total yang didapatkan adalah sebesar 106 dengan skor rata-rata sebesar 7,06. Hasil perhitungan dengan uji wilcoxson math pairs test menunjukan perolehan Thitungtabel (0<25). Dari hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh permainan bola basket modifikasi terhadap kemampuan motorik kasar anak pada kelompok A di TK ’Aisyiyah Bustanul Athfal 12 Surabaya. Kemampuan motorik kasar dalam melempar bola dan memantulkan bola ke lantai mulai berkembang dikarenakan anak sudah mulai terbiasa melakukan kegiatan tersebut dengan teknik yang diajarkan sebelum permainan bola basket modifikasi dimulai.
Kata kunci : permainan bola basket modifikasi, kemampuan motorik kasar
This research was motivated by the underdevelopment of psycho motor skills of children in kindergarten ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 12 Surabaya. The purpose of this study was to examine whether or not the influence of modified basketball games on the psycho motoric ability of children in group A kindergarten ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 12 in Surabaya.
This study uses a quantitative research design with pre-experimental research design, one group research type pre test and post test design with research subjects 15 children in group A in kindergarten ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 12 Surabaya. Data collection techniques used are observation and documentation. Data analysis using a signed level parametric non-parametric test (Wilcoxson match pair test).
Based on the results of the study the total score obtained by 15 children in the pre-test was 62 with an average score of 4.13 while in the post-test activity the total score obtained was 106 with an average score of 7.06. The results of calculations using the Wilcoxson math pairs test show the acquisition of Tcount
Keywords: modified basketball game, psycho motor skills