PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM KONTROL ELEKTRONIK
Development Of Android Based Learning Media To Improve Student Learning Outcomes In Electronic Control System Subjects
Peningkatan kualitas pendidikan yaitu dengan pemilihan sistem dalam penyampaian materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyediakan materi pembelajaran berbasis Android yang sesuai untuk pengajaran mata pelajaran sistem kontrol elektronik dengan memasukkan tiga kualitas yaitu validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Analisis karakteristik siswa, penetapan standar dan tujuan, pemilihan taktik, media, dan materi terbuka, penggunaan media dan materi, melibatkan siswa dalam pengembangan dirinya, serta penilaian dan perbaikan merupakan langkah-langkah dalam metode penelitian pengembangan ini. Modul pembelajaran memperoleh skor rata-rata 3,81 dengan kategori sangat valid, media pembelajaran memperoleh skor rata-rata 3,15 dengan kategori valid, dan evaluasi sikap siswa memperoleh skor rata-rata 3,87 dengan kategori sangat valid, sesuai pengembangan hasil. Nilai rata-rata pengetahuan siswa pada kelompok sangat valid adalah 3,87, dengan nilai rata-rata penilaian kemampuan siswa pada bidang tersebut adalah 3,61. Berdasarkan jawaban siswa, media pembelajaran tergolong praktis dengan skor rata-rata 3,4 pada bentuk respon. Karena rata-rata nilai sikap siswa melebihi Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) sebesar 89,2, maka keefektifan media pembelajaran dianggap efektif. Selain itu distribusinya dianggap normal berdasarkan uji normalitas terdistribusi untuk pengetahuan signifikansinya sebesar 0,1685, dan signifikansi uji one sample t-test sebesar 0,000 menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa lebih tinggi dari KKTP. Uji t satu sampel dan uji normalitas distribusi talenta sama-sama menghasilkan signifikansi sebesar 0,1685 yang menunjukkan bahwa distribusinya normal. Menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa lebih tinggi dari KKTP, dengan signifikansi 0,000. Temuan penelitian ini mendukung anggapan bahwa alat pembelajaran berbasis Android ini bisa diterapkan dan praktis
Kata Kunci: media pembelajaran, android, sistem kontrol elektronik
Improving the quality of education through the implementation of an appropriate lesson delivery system. The aim of this research is to provide android-based learning materials that are suitable for teaching electronic control systems subjects by including three qualities, namely validity, practicality, and effectiveness. Analysis of student characteristics, setting standards and goals, selecting tactics, media, and open materials, using media and materials, involving students in their self-development, as well as assessment and improvement, are the steps in this development research method. The learning module obtained an average score of 3.81 in the very valid category, learning media obtained an average score of 3.15 in the valid category, and evaluation of student attitudes obtained an average score of 3.87 in the very valid category, according to development. results. The average value of students' knowledge in the very valid group was 3.87, with the average value of assessing students' abilities in this area being 3.61. Based on students' answers, learning media is classified as practical, with an average score of 3.4 in the response form. Because the average student attitude score exceeds the Learning Goal Achievement Criteria (KKTP) of 89.2, the effectiveness of the learning medium is considered effective. Apart from that, the distribution is considered normal based on the distributed normality test for knowledge, the significance of which is 0.1685, and the significance of the one sample t-test is 0.000, indicating that the average student score is higher than the KKTP. The one-sample t test and the talent distribution normality test both produce a significance of 0.1685, indicating that the distribution is normal. shows that the average student score is higher than the KKTP, with a significance of 0.000. The findings of this research support the notion that this android-based learning tool is applicable and practical.
Keywords: learning media, android, electronic control system