KETERAMPILAN LIFESKILL MENANAM SAWI DENGAN HIDROPONIK WICK SYSTEM UNTUK ANAK TUNAGRAHITA RINGAN
Anak tunagrahita ringan memiliki gangguan intelektual, fisik, emosional, atau sosial. Meskipun mereka memiliki kekurangan, anak tunagrahita ringan tetap memiliki kapasitas untuk memperluas keterampilan lifeskill menanam sawi dengan hidroponik wick system. Melalui studi pustaka, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketermpilan lifeskill menanam sawi dengan hidroponik wick system anak tunagrahita ringan dapat melakukan atau tidak. Penelitian ini mengkaji 10 jurnal di antaranya 7 jurnal nasional, 3 jurnal internasional. yang membahas tentang tema sejenis, setelah dilakukan uji linieritas substansi, diperoleh data bahwa anak tunagrahita ringan mampu melakukan keterampilan lifeskill menanam sawi hidroponik dengan menggunakan wick system. Perolehan data menggunakan deskriptif kulitatif. Berdasarkan hasil analisis menanam sawi dengan hidroponik wick system sangat sederhana, tidak memerlukan perawatan khusus,mudah dalam penanamannya dan juga sangat cocok untuk ruangan terbatas. Oleh karena itu, pendampingan dari sekolah dan orang tua anak tunagrahita ringan sangat dibutuhkan untuk mendorong mereka untuk mengembangkan keterampilan lifeskill di masa depannya dengan kegiatan yang berhubungan dengan menanam tanaman hidroponik dengan wick system.
Kata Kunci: tunagrahita, kecakapan hidup, hidroponik
Mild mentally retarded children have intellectual, physical, emotional, or social disorders. Even though they have shortcomings, mild mentally retarded children still have the capacity to expand their life skills in growing mustard greens with the hydroponic wick system. Through a literature study, this research aims to analyze the life skills of planting mustard greens with the hydroponic wick system, whether children with mild mental retardation can do it or not. This study examines 10 journals including 7 national journals, 3 international journals. which discusses a similar theme, after testing the linearity of the substance, data is obtained that mild mentally retarded children are able to carry out life skills in planting hydroponic mustard greens using the wick system. Obtaining data using descriptive qualitativ., Based on the results of the analysis of planting mustard greens with a hydroponic wick system is very simple, does not require special care, is easy to plant and is also very suitable for limited space. Therefore, assistance from schools and parents of children with mild mental retardation is needed to encourage them to develop life skills in the future with activities related to growing hydroponic plants with a wick system.
Keywords: Mental Retardation, life skills, hydroponics.