DEVELOPMENT INTERACTIVE MULTIMEDIA WITH A PROBLEM SOLVING APPROACH TO EXPONENT AND LOGARITHMIC MATERIAL IN MATHEMATICS FOR CLASS X AT SMK NEGERI 1 JOMBANG
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif dengan pendekatan problem solving materi eksponen dan logaritma pada mata pelajaran matematika kelas X. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Jombang. Adapun model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang memiliki lima tahapan, yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluate. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan angket. Kelayakan media didapatkan dari hasil uji kelayakan oleh ahli materi dan ahli media. Hasil validasi oleh ahli materi mendapatkan persentase sebesar 95%. Sedangkan untuk hasil validasi oleh ahli media mendapatkan persentase sebesar 87% untuk media dan 90% untuk bahan penyerta. Sehingga dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif dengan pendekatan problem solving materi eksponen dan logaritma pada mata pelajaran matematika untuk kelas X di SMK Negeri 1 Jombang layak digunakan dengan rata-rata persentase 88,5% dan termasuk dalam kategori sangat baik.
This study aims to develop interactive multimedia with a problem solving approach to exponent and logarithmic material in class X mathematics. This research was carried out at SMK Negeri 1 Jombang. The development model used is ADDIE which has five stages, namely analyze, design, development, implementation, and evaluate. The techniques used in this research are interviews and questionnaires. The feasibility of the media is obtained from the results of the feasibility test by material experts and media experts. The results of the validation by material experts get a percentage of 95%. Meanwhile, the results of the validation by media experts get a percentage of 87% for the media and 90% for accompanying materials. So it can be concluded that interactive multimedia with a problem solving approach to exponent and logarithmic material in mathematics for class X at SMK Negeri 1 Jombang is feasible to use with an average percentage of 88.5% and is included in the very good category.