Pengembangan Media Pembelajaran Gim Edukasi Berbasis Android Pada Materi APBN Dan APBD Kelas XI IPS
Development of Learning Media for Android-Based Educational Games on Material APBN And APBD Class XI IPS
Penelitian ini dilatar belakangi oleh perlunya peningkatan pemahaman peserta didik SMA mengenai materi APBN dan APBD. Dari permasalahan tersebut penelitian ini dilakukan dengan tujuan utuk mengembangkan media pembelajaran yang mampu meningkatkan pemahaman peserta didik. Media pembelajaran yang dikembangkan yaitu media pembelajaran gim edukasi berbasisi Android. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development dengan model pengembangan ADDIE namun hanya sampai pada tahap develop. Pada penelitian ini uji coba dilakukan secara terbatas oleh 20 peserta didik yang kemudian dianalisis berdasarkan hasil pre-test dan post-test dan dihitung menggunakan N gain. Dari hasil pengujian terbatas menunjukkan bahwa media pembelajaran gim edukasi berbasis Android ini dapat meningkatkan pemahaman peserta didik. Dengan demikian tahap iplementasi pada peserta didik yang lebih banyak bisa mulai dilakukan untuk mendapat masukan yang lebih banyak demi perbaikan produk di masa yang akan datang.
This research is motivated by the need to increase the understanding of high school students about the state budget and regional budget materials. From these problems, this research was conducted with the aim of developing learning media that can improve students' understanding. The learning media developed are educational games for Android-based educational games. The research method used is Research and Development with the ADDIE development model but only reaches the develop stage. In this study, the trial was conducted limited by 20 students who were then analyzed based on the results of pre-test and post-test and calculated using N gain. From the results of limited testing shows that this Android-based educational learning media can improve students' understanding. Thus the implementation phase on more students can begin to be carried out to get more input for the improvement of the product in the future.