Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan proses pembelajaran, aktivitas, keterampilan proses sains dan ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi kesetimbangan kimia. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Pre-Eksperimental dengan desain satu kelompok pretest-posttest (The One Group Pretest-Posttest Design) dengan sampel penelitian yaitu 30 peserta didik kelas XI IPA 2 MAN 2 Jombang. Penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut: (1) Keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pertemuan pertama sampai dengan pertemuan ketiga telah terlaksana pada seluruh sintaks dan kualitas keterlaksanaan sebesar kriteria sangat baik. (2) Aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran memperoleh presentase aktivitas peserta didik yang relevan lebih tinggi dibandingkan aktivitas peserta didik yang tidak relevan. (3) Hasil belajar keterampilan proses sains meningkat dibuktikan dengan peningkatan skor N-gain sebesar 0,78 yang termasuk dalam kriteria tinggi. (4) Hasil belajar kognitif peserta didik tuntas dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 92 dan ketuntasan klasikal sebesar 96,67%. Model pebelajaran inkuiri terbimbing efektif untuk melatihkan keterampilan proses sains pada materi kesetimbangan kimia.
Kata kunci: Inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains, kesetimbangan kimia.
This research aims to describe the implementation learning process, activity, science process skills, and completeness learning outcomes of students after the implementation of guided inquiry learning on chemical equilibrium matter. This research type is Pre Experiment (pre-experimental design) with One Group Pretest-Posttest Design. Target of this research is 30 students of class XI science 2 in MAN 2 Jombang. The results shows that: (1) The implementation of guided inquiry learning on first meeting until third meeting are complete in every phase and in very good category. (2) The percentage of students’ activities during learning process which is relevant is higher than irrelevant. (3) The students’ learning outcomes of science process skills are increase which proven by N-gain score shows 0.78 in high category. (4) The students’ cognitive learning outcomes is complete with average score is 96.67% and classical completeness is 96.67%. The guided inquiry learning model is effective to train the science process skills on chemical equilibrium matter.
Keywords: Guided inquiry, science process skills, chemical equilibrium.