Strategi Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Literasi di Sekolah
The Principal’s Strategy in Developing A Culture Of Literacy in Schools
Literasi menjadi urgensi yang perlu untuk terus ditingkatkan dan salah satu upayanya adalah dengan mengembangkan budaya literasi di sekolah. Kepala sekolah perlu membuat strategi agar upaya pengembangan budaya literasi dapat berjalan dengan baik dan kualitas literasi siswa semakin meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih mendalam dan memetakan hasil penelitian terdahulu mengenai strategi kepala sekolah dalam mengembangkan budaya literasi di sekolah. Metode yang digunakan adalah studi literatur atau studi kepustakaan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan 10 artikel nasional dan 10 artikel internasional, yang relevan dengan topik penelitian ini. Adapun analisis yang diterapkan adalah analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Terdapat enam strategi yang dapat digunakan kepala sekolah dalam mengembangkan budaya literasi di sekolah, yaitu strategi penguatan tata kelola, strategi kerjasama, strategi pembelajaran, strategi pemberdayaan SDM, strategi pengoptimalan program, dan strategi sarana prasarana, 2) Faktor pendukung penerapan strategi kepala sekolah dalam mengembangkan budaya literasi di sekolah. 3) Faktor penghambat penerapan strategi kepala sekolah dalam mengembangkan budaya literasi di sekolah. 4) Hasil penerapan strategi kepala sekolah dalam mengembangkan budaya literasi di sekolah.
Kata kunci: strategi kepala sekolah, budaya literasi, gerakan literasi sekolah
Literacy is an urgency that needs to be continuously improved and one of the efforts is to develop a culture of literacy in schools. The principal needs to make a strategy so that efforts to develop a literacy culture can run well and the quality of student literacy will increase. The purpose of this study is to find out more in-depth and map the results of previous research on the principal's strategy in developing a culture of literacy in schools. The method used is literature study or literature study. Data collection was carried out by collecting 10 national articles and 10 international articles, which were relevant to the topic of this study. The applied analysis is content analysis. The results showed that, 1) There are six strategies that can be used by school principals in developing a culture of literacy in schools, namely strategies for strengthening governance, cooperation strategies, learning strategies, HR empowerment strategies, program optimization strategies, and infrastructure strategies, 2) Supporting factors for the implementation of principal strategies in developing a culture of literacy in schools. 3) Factors hindering the implementation of the principal's strategy in developing a culture of literacy in schools. 4) The results of the implementation of the principal's strategy in developing a culture of literacy in schools.
Keywords: principal strategy, literacy culture, school literacy movement