Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Lingkungan Kerja, dan Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Krian
The Relationship Principal Leadership, Work Environment, and Work Motivation with Teacher Performance at State Junior High Schools in Krian.
Kata-kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja, dan Kinerja Guru
Kinerja guru merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran atau kegiatan belajar mengajar, dan melakukan penilaian hasil belajar siswa. Apabila guru dapat melaksanakan tugas secara profesional mak akan berdampak pada pencapaian peserta didik dan meningkatkan kualitas sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepemimpinan kepala sekolah, lingkungan kerja, dan motivasi kerja dengan kinerja guru di Sekolah Menengan Pertama Negeri Kecamatan Krian.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berupa penyebaran angket. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di SMPN 1, 2, dan 3 Krian. Guru yang (1) memiliki kualifikasi ijazah ≥ sarjana strata I, (2) minimal masa mengajar satu tahun, (3) berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau non PNS, (4) berstatus guru tetap, dan (5) bukan termasuk guru bantu atau guru eksternal untuk dijadikan sampel berjumlah 88 guru. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi ganda. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis prasyarat, uji regresi, analisis koefieisen determinasi, uji t, uji f, uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru, lingkungan kerja dengan kinerja guru, motivasi kerja dengan kinerja guru, dan kepemimpinan kepala sekolah, lingkungan kerja, dan motivasi kerja secara bersama-sama dengan kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Krian.
Keywords: Principal Leadership, Work Environment, and Work Motivation on Teacher Performance.
Teacher performance is an activity carried out by planning learning, implementing learning or teaching and learning activities, and evaluating student learning outcomes. If teachers can carry out their duties professionally, it will have an impact on student achievement and improve school quality. This study aims to determine the relationship between the principal's leadership, work environment, and work motivation with teacher performance at the State Junior High School, Krian.
This study uses a quantitative approach in the form of distributing questionnaires. The population in this study were teachers at SMPN 1, 2, and 3 Krian. Teachers who (1) have a diploma qualification of bachelor strata I, (2) a minimum teaching period of one year, (3) have the status of Civil Servants (PNS) or non-PNS, (4) have permanent teacher status, and (5) are not teachers Auxiliary or external teachers to be sampled amounted to 88 teachers. The analysis used in this study used multiple regression analysis. The data analysis technique used in this research is validity test, reliability test, prerequisite analysis, regression test, coefficient of determination analysis, t test, f test, hypothesis test.
The results showed that there was a significant relationship between principals' leadership and teacher performance, work environment and teacher performance, work motivation and teacher performance, and principals' leadership, work environment, and work motivation together with teacher performance in State Junior High Schools Krian.