COMPARISON OF TPS AND TGT COOPERATIVE LEARNING MODELS IN VOLLEYBALL BOTTOM PASSING LEARNING
Chardynal, Tita L. 2022. Komparasi Pembelajaran Model Kooperatif Tipe TPS Dan TGT Dalam Pembelajaran Passing Bawah Bolavoli. Tesis, Program Studi Pendidikan Olahraga, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Andun Sudijandoko, M.Kes, AIFO. Dan (II)Prof. Dr. Abdul Rahman Syam Tuasikal, M.Pd.
Kata Kunci: Komparasi, Model Kooperatif, TPS, TGT, Passing Bawah, Bolavoli.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komparasi pembelajaran model kooperatif dalam pembelajaran passing bawah bolavoli. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimental dengan rancangan Randomized control group pretest-posttest design. Penentuan sampel dalam penelitian menggunakan cluster random sampling dimana penentuan grup ini dilakukan melalui undian. Diantara enam kelas yang dipilih, ditarik kembali untuk menentukan kelompok yang akan menggunakan model kooperatif tipe TPS(Think, Pairs, Share), pembelajaran kooperatif pendidikan TGT (Team Games Tournament) dan kelompok control. Komparasi pembelajaran model kooperatif dalam pembelajaran passing bawah bolavoli pada siswa SMP Negeri 1 Ponggok Kabupaten Blitar berdasarkan analisis data pada masing-masing kelompok kelompok control, TPS, dan TGT diketahui nilai Fhitung sebesar 5,228 > 2000 untuk kelompok control, 6,051 > 2000 untuk kelompok TPS,dan 5,355 > 2000 untuk kelompok TGT. Dengan sig sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti dapat disimpulkan bahwa rata-rata ketiga kelompok penelitian tersebut ada peningkatan secara signifikan. Berdasarkan hasil uji anova diketahui bahwa hasil kelompok control dikomparasikan dengan kelompok TPS mendapatkan nilai Sig. 0,003 < 0,05 dan perbedaan mean sebesar 1,078, sehingga disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelompok control dengan kelompok TPS. Sedangkan kelompok control dengan TGT mendapatkan nilai Sig. 0,516> 0,05 dan perbedaan mean sebesar 0,234 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelompok control dengan kelompok TGT. Sedangkan kelompok TPS dan TGT mendapatkan nilai Sig. 0,020<0,05 dan perbedaan mean 0,844 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelompok TPS dan TGT. Dari analisis tersebut diketahui bahwa kelompok yang menerapkan model kooperatif tipe TPS berpengaruh lebih dominan terhadap hasil belajar passing bawah untuk mata pelajaran pendidikan jasmani pada siswa kelas 7 SMP Negeri 1 Ponggok Kabupaten Blitar. berdasarkan temuan data diketahui bahwa dari 192 siswa pada UPT SMP Negeri 1 Ponggok terdapat siswa yang 29 orang yang mengalami penurunan nilai antara hasil belajar pretest dengan hasil belajar posttest. Hal ini berarti terdapat 84,8% siswa UPT SMP Negeri 1 Ponggok yang mengalami peningkatan nilai.
Chardynal, Tita L. 2022. Comparison of TPS and TGT Cooperative Learning Models in Volleyball Bottom Passing Learning. Thesis, Sport Education Study Program, Postgraduate, State University of Surabaya. Supervisor: (I) Dr. Andun Sudijandoko, M.Kes, AIFO. And (II) Prof. Dr. Abdul Rahman Syam Tuasikal, M.Pd.
Keywords: Comparison, Cooperative Model, TPS, TGT, Down Passing, Volleyball.
This study aims to determine the comparison of cooperative learning models in learning volleyball underhand passing. This research is included in experimental research with randomized control group pretest-posttest design. Determination of the sample in this study using cluster random sampling where the determination of this group is done through lottery. Among the six selected classes, it was withdrawn to determine which group would use the TPS (Think, Pairs, Share) cooperative learning model, TGT (Team Games Tournament) educational cooperative learning and the control group. Comparison of cooperative learning models in volleyball passing down learning at SMP Negeri 1 Ponggok Blitar Regency based on data analysis in each control group, TPS, and TGT it is known that the Fcount value is 5.228 > 2000 for the control group, 6.051 > 2000 for the TPS group, and 5.355 > 2000 for the TGT group. With a sig of 0.000 <0.05, which means it can be concluded that the average of the three research groups has increased significantly. Based on the results of the ANOVA test, it is known that the results of the control group compared with the TPS group get the Sig value. 0.003 <0.05 and the mean difference is 1.078, so it can be concluded that there is a significant difference between the control group and the TPS group. While the control group with TGT got a Sig value. 0.516 > 0.05 and the mean difference is 0.234, so it can be concluded that there is no significant difference between the control group and the TGT group. While the TPS and TGT groups got a Sig value. 0.020 <0.05 and a mean difference of 0.844 so it can be concluded that there is a significant difference between the TPS and TGT groups. From this analysis, it is known that the group that applies the TPS type cooperative model has a more dominant effect on the learning outcomes of underpassing for physical education subjects in 7th grade students of SMP Negeri 1 Ponggok, Blitar Regency. Based on the findings of the data, it is known that from 192 students at UPT SMP Negeri 1 Ponggok there are 29 students who experienced a decrease in grades between pretest learning outcomes and posttest learning outcomes. This means that there are 84.8% of UPT SMP Negeri 1 Ponggok students who experienced an increase in grades.