ABSTRAK
IMPLEMENTASI MODEL
PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA
MATERI KESETIMBANGAN KIMIA
Nama :
Fienda Ayuningtiyas
NIM :
15030194091
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Jurusan : Kimia
Fakultas : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Bertha Yonata, S.Pd., M.Pd
Penelitian ini
mendeskripsikan implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk
melatihkan keterampilan proses sains pada materi kesetimbangan kimia. Rancangan
penelitian yang digunakan adalah One
Group Pretest Posttest Design . Keterampilan proses sains yang dilatihkan
kepada siswa meliputi merumukan masalah, menyusun hipotesis, mengidentifikasi
variabel, merencanakan investigasi, memroses data, menganalisis investigasi,
dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan
proses sains siswa melalui implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing
memiliki rata-rata nilai berturut-turut untuk keterampilan merumuskan masalah,
menyusun hipotesis, mengidentifikasi variabel, merencanakan investigasi, memroses
data, menganalisis investigasi, dan penarikan kesimpulan adalah 89,58; 81,25;
87,50; 76,04; 89,58; 67,71; dan 86,46. Ketuntasan klasikal yang dicapai
memiliki persentase sebesar 75%.
Kata kunci : keterampilan proses sains, model
pembelajaran inkuiri terbimbing, kesetimbangan
kimia.