ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran problem solving, aktivitas siswa, kemampuan pemecahan masalah siswa dan hasil belajar siswa melalui penerapan model problem solving pada materi larutan penyangga. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu One Group Pretest Postest Design pada kelas XI IPA 1 MAN 2 Gresik dengan jumlah siswa 25, penelitian ini dilakukan selama tiga kali pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode pengamatan dan metode tes. Hasil penelitian dapat ditunjukkan sebagai berikut: (1) pengamatan keterlaksanaan pada tiga kali pertemuan memperoleh rata-rata sebesar 3,2; 3,7; dan 3,8 dengan kategori sangat baik. (2) pengamatan aktivitas siswa yang relevan pada tiga kali pertemuan memperoleh persentase rata-rata sebesar 92,4%; 95,6%; dan 96,4% (3) Kemampuan pemecahan masalah siswa dengan nilai rata-rata pretest menyatakan masalah sebesar 56, menyatakan hipotesis sebesar 42,7, menata dan menunjukkan data sebesar 60, dan mengevaluasi hipotesis berdasrkan data sebesar 34,7. Pada saat postest menyatakan masalah sebesar 97,3, menyatakan hipotesis sebesar 93,3, menata dan menunjukkan data sebesar 83, dan mengevaluasi hipotesis berdasrkan data sebesar 84 (4) hasil belajar siswa secara klasikal mendapatkan persentase sebesar 92%.
Kata kunci : model pembelajaran problem solving, kemampuan pemecahan masalah, larutan penyangga
ABSTRACT
This study aims to describe the feasibility of problem solving learning models, student activities, students' problem solving abilities and student learning outcomes through the application of problem solving models in buffer solution materials. The research design used was One Group Pretest Postest Design in class XI IPA 1 MAN 2 Gresik with the number of students 25, this study was conducted during three meetings. Data collection methods used are observation methods and test methods. The results of the study can be shown as follows: (1) observations of implementation at three meetings obtained an average of 3.2; 3.7; and 3.8 with a very good category. (2) observations of relevant student activities at three meetings obtained an average percentage of 92.4%; 95.6%; and 96.4% (3) problem solving abilities of students with an average value a pretest stating a problem of 56, declaring a hypothesis of 42.7, arranging and showing data of 60, and evaluating the hypothesis based on data of 34.7. At the posttest states the problem is 97.3, states the hypothesis of 93.3, arranges and shows data of 83, and evaluates the hypothesis based on data of 84 (4) student learning outcomes classically get a percentage of 92%.
Keywords: problem solving learning model, problem solving ability, buffer solution