ABSTRAK
PENGARUH
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP
KREATIFITAS
SISWA KELAS X OTKP PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN TATA RUANG KANTOR DI SMK
NEGERI 10 SURABAYA
Nama : Yessi Mey Widianti
NIM : 15080314050
Program
Studi : S-1 Pendidikan Administrasi
Perkantoran
Jurusan : Pendidikan Ekonomi
Fakultas : Ekonomi
Nama
Lembaga: Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing :
Brillian Rosy, S.Pd., M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah
ada perbedaan penerapan model pembelajaran project
based learning (PjBL)
terhadap kreatifitas siswa kelas X OTKP pada kompetensi dasar
menerapkan tata ruang kantor di SMK Negeri 10 Surabaya. Penelitian ini
menggunakan quasi experimental design dengan bentuk non-equivalent control group design . Populasi penelitian yakni siswa kelas X
OTKP SMK Negeri 10 Surabaya dan terambil sampel dua kelas yaitu kelas X OTKP 1
berjumlah 35 siswa dan X OTKP 2 berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data
menggunakan studi dokumentasi dan angket. Instrumen penelitian pada ranah
kognitif menggunakan lembar pretest-posttest dan pada ranah psikomotorik
menggunakan hasil kinerja presentasi pembuatan produk diorama. Analisis
data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji gain score dan uji-t.
Hasil penelitian
menunjukkan pada ranah kognitif rata-rata nilai siswa di kelas eksperimen
mengalami kenaikan sebesar 62% dibanding kelas kontrol sebesar 40%. Pada ranah
psikomotorik hasil menunjukkan di kelas eksperimen rata-rata sebesar 92,7
sedangkan di kelas kontrol sebesar 72,07.
Berdasarkan analisis hasil
uji-t posttest diperoleh hasil thitung yakni 9,034 taraf
signifikansi yakni,000 (0,00) dan α =5% dengan df= 68, maka t = 1,995. Berdasarkan analisis hasil uji-ttabel
gain
score diperoleh hasil thitung
yakni 4,715 taraf signifikansi
yakni,000 (0,00) dan α =5% dengan df= 68,
maka t tabel = 1,995. Sementara berdasarkan analisis hasil uji-t nilai kreatifitas
siswa diperoleh hasil thitung yakni 16,288 taraf signifikansi
yakni,000 (0,00) dan α =5% dengan df= 68, maka t tabel = 1,995. Berdasarkan
hasil
uji-t di atas, maka H 0 ditolak dan H1 diterima. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan model pembelajaran
project based learning
(PjBL) terhadap kreatifitas siswa kelas X OTKP
pada kompetensi dasar menerapkan tata ruang kantor di SMK Negeri 10 Surabaya.
Kata
kunci : model pembelajaran project based learning
(PjBL) , kreatifitas, administrasi
umum