Upaya Bimbingan Konseling Berbasis Panggung Cerita Guna Meningkatkan Kecintaan Budaya Literasi Di Sekolah Dasar
ABSTRAK
UPAYA BIMBINGAN KONSELING BERBASIS PANGGUNG CERITA GUNA MENINGKATKAN KECINTAAN BUDAYA LITERASI DI SEKOLAH DASAR
Nama : Durrotun Nafisah
NIM 21010014015
Program Studi : S1 Bimbingan dan Konseling
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Dosen Pembimbing : Dr. Ari Khusumadewi, S. Pd., M. Pd.
Tingkat literasi siswa Indonesia menurut PISA pada tahun 2018 dan 2022 tergolong rendah, di bawah standar internasional. Hal ini berdampak pada kesulitan belajar dan risiko putus sekolah. Penelitian ini bertujuan menganalisis upaya bimbingan dan konseling berbasis panggung cerita dalam meningkatkan budaya literasi di sekolah dasar. Metode yang digunakan yaitu kualitatif dengan studi kepustakaan dan teknik dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa literasi menjadi pondasi atau landasan untuk pengembangan pribadi siswa dalam bidang akademis maupun sosial, mencakup kemampuan memperoleh dan mendapatkan pengetahuan. Upaya bimbingan dan konseling bersifat holistik, disesuaikan dengan kebutuhan siswa, serta diberikan melalui layanan BK. Panggung cerita terbukti efektif sebagai media dan metode inovatif untuk meningkatkan minat siswa dalam berliterasi. Media ini dapat diimplementasikan dalam layanan bimbingan dan konseling untuk mendukung peningkatan kecintaan budaya literasi disekolah dasar. Penelitian lanjutan disarankan untuk mengimplementasikan dan menguji efektifitasnya.
Kata Kunci : Upaya, Bimbiingan dan Konseling, Panggung Cerita, Budaya Literasi, Sekolah dasar
STORY STAGE-BASED COUNSELING EFFORTS TO PROMOTE THE LOVE OF LITERACY CULTURE IN ELEMENTARY SCHOOLS
Name : Durrotun Nafisah
Student ID Number 21010014015
Study Program : S-1 Guidance and Counseling
Faculty : Faculty of Education
Name of Institution : Surabaya State University
Advisor : Dr. Ari Khusumadewi,S.Pd., M.Pd
The literacy level of Indonesian students, as reported by PISA in 2018 and 2022, is considered low, falling below international standards. This situation contributes to learning difficulties and an increased risk of school dropouts. This study aims to analyze the role of story-stage-based guidance and counseling in enhancing the literacy culture in elementary schools. A qualitative approach was adopted, utilizing literature reviews and documentation techniques. The findings indicate that literacy is a fundamental element for students' personal development, both academically and socially, involving the acquisition and application of knowledge. Holistic guidance and counseling efforts are tailored to meet student's needs and are provided through counseling services. The story-stage method has proven to be an innovative and effective way to increase students' interest in literacy. It is recommended that this method be implemented in counseling services to strengthen the literacy culture in schools. Future research should focus on implementing and evaluating its effectiveness in broader educational contexts.
Keywords: Efforts, Guidance and Counseling, Story Stage, Literacy Culture, Elementary School