Pengembangan Multimedia Interaktif IPA Materi Cuaca untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar
Development of Science Interactive Multimedia for Weather Materials to Improve Understanding of Grade III Elementary School Students
ABSTRAK
Pratama, Ahmad Roy Januar. 2022. Pengembangan Multimedia Interaktif IPA Materi Cuaca untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Suryanti, M.Pd., dan (II) Dr. Zainul Arifin Imam Supardi, M.Si.
Kata Kunci: Multimedia interaktif IPA, pemahaman peserta didik, materi cuaca
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan multimedia interaktif IPA materi cuaca untuk meningkatkan pemahaman peserta didik kelas III SD. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dan model pengembangan 4D (define, design, development, dan dissemination). Uji coba pada tahap pengembangan dilakukan dua kali, yaitu uji coba skala kecil dan uji coba skala besar. Uji coba skala kecil menggunakan desain one-group pretest-posttest dengan subjek berjumlah 5 peserta didik dan uji coba skala besar menggunakan desan control group pretest-posttest dengan subjek berjumlah 30 peserta didik (15 peserta didik kelas eksperimen dan 15 peserta didik kelas kontrol). Subjek penelitian sebelumnya telah dipilih dengan teknik random sampling. Instrumen penelitian, terdiri atas: (1) instrumen validasi menggunakan lembar validasi media yang diisi dua validator ahli media dan materi; (2) instrumen kepraktisan menggunakan lembar keterlaksanaan dan lembar respons; (3) instrumen keefektifan menggunakan lembar tes. Metode pengambilan data dilakukan dengan validasi, observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas multimedia interaktif IPA memperoleh persentase kevalidan sebesar 89% (sangat valid). Kepraktisan multimedia interaktif IPA yang ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran memperoleh 90,62% (sangat baik) dan ditinjau dari respons siswa mendapatkan 80,71% (sangat praktis). Keefektifan multimedia interaktif IPA yang didapatkan dari hasil independent sample t-test mendapatkan hasil bahwa terjadi perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil pemahaman peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, serta n-gain tiap indikator pemahaman peserta didik yang terdiri atas: memberi contoh, menjelaskan, dan menyimpulkan, pada kelas eksperimen mendapatkan hasil yang lebih tinggi daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil yang didapatkan, dapat ditarik kesimpulan bahwa media yang dikembangkan yaitu multimedia interaktif IPA pada materi cuaca dikatakan sangat layak sebagai media pembelajaran.
Pratama, Ahmad Roy Januar. 2022. Development of Science Interactive Multimedia for Weather Materials to Improve Understanding of Grade III Elementary School Students. Thesis, Basic Education Study Program, Graduate, Surabaya State University. Advisor: (I) Prof. Dr. Suryanti, M.Pd., and (II) Dr. Zainul Arifin Imam Supardi, M.Si.
Keywords: Science interactive multimedia, student understanding, weather materials
This research aimed to describe the validity, practicality, and effectiveness of science interactive multimedia on weather materials to improve the understanding of third-grade elementary school students. This research uses the Research and Development method and the 4D development model (define, design, development, and dissemination). Trials at the development stage were carried out twice, namely small-scale trial and large-scale trial. The small-scale trial used a one-group pretest-posttest design with 5 students as subjects, and the large-scale trial used a pretest-posttest control group design with 30 students (15 students in the experimental class and 15 students in the control class). Previous research subjects have been selected by random sampling technique. The research instrument consists of: (1) a validation instrument using a media validation sheet filled out by two validators; (2) practicality instruments used implementation sheets and response sheets; (3) the effectiveness of the instrument used a test sheet. The data collection method is done by validation, observation, tests, and questionnaires. The results showed that the validity of the science interactive multimedia obtained a percentage of validity of 89% (very valid). Practicality of science interactive multimedia in terms of the implementation of learning obtained 90.62% (very good) and in terms of student responses it got 80.71% (very practical). The effectiveness of science interactive multimedia obtained from the independent sample t-test results showed that there was a significant difference between the average results of students' understanding in the experimental class and the control class, as well as the n-gain of each indicator of student understanding consisting of: giving examples, explained, and concluded, the experimental class got higher results than the control class. Based on the results obtained, it can be concluded that the developed media, namely science interactive multimedia on weather material, is said to be very feasible as a learning medium.