Analisis Hiperrealitas pada Film Rogue One: A Star Wars Story (Analisis Semiotika John Fiske)
Hyperreality Analysis on the Rogue One: A Star Wars Story Movie (John Fiske Semiotics Analysis)
Pada zaman saat ini peranan media massa memiliki pengaruh yang bisa dikatakan begitu kuat dengan kehidupan sekarang. Film termasuk salah satu bagian dari media massa. Film termasuk salah satu bagian dari media massa yang memiliki unsur kekuatan dalam mengonstruksi masyarakat khalayak dengan melalui simbol-simbol yang ditampilkan pada setiap scene serta didukung juga oleh kemajuan teknologi dan sains, selain mengonstruksi makna, film juga memiliki kekuatan dalam memanipulasi realitas, hal ini dapat disebut dengan hiperrealitas. Objek film yang digunakan dalam penelitian ini merupakan film Rogue One: A Star Wars Story (2016). Film tersebut termasuk film dengan genre fiksi ilmiah yang merupakan gambaran dari fenomena hiperrealitas yang dicetuskan oleh Jean Baudrillard. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif menggunakan metode analisis semiotika John Fiske yang disebut dengan kode-kode televisi. Setelah itu ditafsirkan tanda yang sudah terurai dengan metode teori hiperrealitas yang dipopulerkan oleh filsuf postmodern, Jean Baudrillard. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hiperrealitas yang terdapat pada film Rogue One: A Star Wars Story tergambar secara jelas dibuktikan dengan menampilkan fantasi dengan kecanggihan transportasi dan teknologi, kekuatan super yang ditampilkan, serta realitas dan fakta yang terdapat pada film dapat menghasilkan sebuah simulasi dan nantinya akan keserap menjadi sebuah hiperrealitas.
These days, the role of mass media has a very strong impact nowadays. The movie is a part of the mass media and it has an element of power in constructing the public through several symbols shown in each scene of the movie. It is also supported by science and technological advances to construct the meaning of the movie. On the other hand, a movie can manipulate reality, which is known as hyperreality. The object used in this research is Rogue One: A Star Wars Story (2016). It is a science-fiction genre movie that describes the hyperreality phenomenon that was proposed by Jean Baudrillard. Qualitative research with semiotics analysis method by John Fiske which is known as the codes of television is being used in this research. Furthermore, the data is being decomposed and interpreted by using the hyperreality theory method that was popularized by the post-modern philosopher, Jean Baudrillard. The researcher found that the hyperreality on the Rogue One: A Star Wars Story movie is clearly shown and is proven by showing a fantasy with the sophistication of transportation and technology, and appearance of the superpower, as well as the reality and facts that were found in the movie. Nonetheless, it can obtain a simulation and will turn into a hyperreality in the future.