Pengembangan Media Buku Latihan Soal Teka Teki Silang (TTS) Matematika untuk Kelas IV SD
Media Development of Mathematics Crossword Problem (TTS) Practice Books for Grade IV Elementary School
Penerapan Kurikulum Merdeka sebagai penyempurnaan kurikulum sebelumnya mengakibatkan perlunya penyesuaian salah satunya ialah penambahan dan pengembangan media pembelajaran yang disesuaikan dengan kurikulum tersebut. Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian pengembangan dengan menerapkan model pengembangan ADDIE dan menghasilkan produk berupa buku latihan soal teka teki silang matematika untuk kelas IV SD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan kelayakan media yang dikembangkan. Sebelum uji coba lapangan, produk divalidasi oleh ahli media, ahli materi, dan praktisi matematika dengan hasil berturut-turut adalah 90% dengan kriteria sangat valid, 84% dengan kriteria sangat valid, dan 83,07% dengan kriteria sangat valid yang menunjukkan bahwa media tersebut sangat valid dan dapat diuji cobakan kepada peserta didik. Hasil uji coba kepada peserta didik dinilai menggunakan lembar kuesioner yang menunjukkan persentase 83,38% dengan kriteria sangat layak dan tidak perlu direvisi. Hal tersebut menunjukkan bahwa produk media yang dikembangkan layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci: media pembelajaran, teka teki silang, matematika.
The implementation of the Merdeka Curriculum as an improvement to the previous curriculum resulted in the need for adjustments, one of which was the addition and development of learning media adapted to the curriculum. In this study, a type of development research was used by applying the ADDIE development model and producing a product in the form of a math crossword exercise book for grade IV SD. The purpose of this research is to describe the development process and the feasibility of the developed media. Before the field trial, the product was validated by media experts, material experts, and mathematics practitioners with consecutive results of 90% with very valid criteria, 84% with very valid criteria, and 83.07% with very valid criteria indicating that the media was very valid and could be tested on students. The results of the trial to students were assessed using a questionnaire sheet which showed a percentage of 83.38% with very feasible criteria and did not need to be revised. This shows that the media products developed are feasible and can be used as learning media.
Keywords: learning media, crosswords, mathematics.