Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media modul multimedia yang sesuai dengan kebutuhan. menguji kelayakan media dan menguji keefektifan penggunaan modul multimedia. Pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analyze. Design. Development. implementation. evaluation). Desain penelitian ini menggunakan tekni wawancara. kuesioner atau angket dan tes serta dilakukan uji coba produk.
Hasil penelitian yang diperoleh dari kedua ahli materi dan kedua ahli media memperoleh persentase sebesar 100% bernilai sangat baik. Data yang diperoleh dari ahli desain pembalajaran mendapatkan persentase sebesar 99%. Dapat disimpulkan bahwa media modul multimedia yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan. Hasil perhitungan uji-t untuk pre-test pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh thitung sebesar 0.7 dan hasil post-test kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh thitung sebesar 48.9 dan terjadi perbedaan signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media modul multimedia untuk mata pelajaran biologi materi pokok makanan dan sistem pencernaan layak dan efektif karena dapat meningkatkan hasil belajar.
Kata Kunci : pengembangan Modul Multimedia Biologi hasil belajar.
The purpose of this research is to produce media of multimedia modules as the needs. test the media feasibility and test the effectiveness of multimedia modules. This development uses the ADDIE model (Analysis Design Development Implementation Evaluation). The design of this research uses interviews. questionnaires and test and carried out the product trials.
The results from both material experts and both media experts acquires a percentage of 100% of the excellent value. The Data obtained from design learning experts get a percentage of 99%. It can be concluded that the media development of multimedia module is considered feasible for use. The results of the T-test calculations for the pre-test in the control group and the experimental group were obtained T calculate of 0.7 and the results of the post-test of the control group and the experimental group obtained a T calculate of 48.9 and occur significant differences. Thus. it can be concluded that the media development of multimedia modules for the subject biology of food and digestive systems matter worthy and effective because it can improve the learning result.
Keywords: development multimedia modules biology learning result.