Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh firm size, profitabilitas, struktur modal, kebijakan dividen, GCG dan CSR terhadap nilai perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi dari perusahaan sektor finance tahun 2014-2017 yang terdaftar di BEI. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan SPSS. Teknis analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis.
Hasil analisis menunjukkan bahwa firm size berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Hal ini dikarenakan firm size yang besar menunjukkan bahwa perusahaan mengalami pertumbuhan yang baik. Profitabilitas berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. Hal ini dikarenakan laba perlembar saham meningkat tetapi harga saham tidak meningkat maka itu akan membuat nilai perusahaan menjadi turun. Struktur modal tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hal ini dikarenakan cara pandang investor dalam menyikapi struktur modal yang dimiliki perusahaan berbeda-beda berakibat terhadap tidak mampunya struktur modal dalam memprediksi nilai perusahaan. Kebijakan dividen berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Hal ini dikarenakan menurut investor perusahaan yang membagikan dividen umumnya memiliki kecukupan laba yang besar. Kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hal ini disebabkan masih rendahnya tingkat kepemilikan manajerial yang dimiliki oleh manajemen. Kepemilikan institusional berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Hal ini dikarenakan pengawasan yang dilakukan oleh pihak institusi mampu mensubtitusi biaya keagenan lain sehingga menurunkan agensi cost dan meningkatkan nilai perusahaan. Komisaris independen tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hal ini dikarenakan keberadaan komisaris independen hanya bersifat formalitas atas kepatuhan terhadap BEI. CSR berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Hal ini dikarenakan dengan adanya CSR pada perusahaan akan menumbuhkan tingkat kepercayaan investor.
The purpose of this study is to determine the influence of firm size, profitability, capital structure, dividend policy, GCG and CSR on firm value. The type of this research using quantitative research. Sampling technique is using purposive sampling. Data collection is done through documentation from finance sector period 2014-2017 which listed on BEI. Statistical analysis used in this study is to use SPSS. Technical data analysis in this study using the classical assumption test, multiple linear regression analysis and hypothesis testing.
The result of analysis shows that firm size has a positive influence on firm value. This is because the size of a large company show that the company is experiencing good growth. Profitability have negative influence on firm value. This is because earning per share increases but stock prices do not increase, it will make the firm value go down. Capital structure has no influence on firm value. This is because the perspective of investors in responding to the capital structure of the company has different consequences for the inability of the capital structure to predict the firm value. Dividend policy has a positive influence on firm value. This is because according to company investors who distribute dividends generally have a large profit adequacy. Managerial ownership has no influence on firm value. This is because the level of managerial ownership which is owned by a company still low. Institutional ownership has a influence effect on firm value. This is because supervision carried out by the institution is able to substitute other agency costs so as to reduce agency costs and increase firm value. Independent commissioner has no influence on firm value. This is because the existence of independent commissioners is only a formality of compliance with the IDX. CSR have a positive influence on firm value. This is because the presence of CSR in the company will grow the level of investor confidence.