ANALISIS ARTIKULASI TEKNIK VOKAL PADA LAGU “DEAR DREAM” OLEH REGITA PRAMESTI SUSENO PUTRI
ARTICULATION ANALYSIS OF VOCAL TECHNIQUES ON THE SONG "DEAR DREAM" BY REGITA PRAMESTI SUSENO PUTRI
Lagu “Dear Dream” merupakan sebuah komposisi lagu ciptaan Erwin Gutawa, Gita Gutawa dan Ria Leimena yang sebenarnya tidak termasuk lagu untuk kebutuhan anak-anak, karena memiliki ambitus suara yang berbeda dari konvensi lagu anak–anak pada umumnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Ambitus dan Artikulasi Teknik vokal pada Lagu “Dear Dream”. Pendekatan penelitian yang akan digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Ambitus pada lagu “Dear Dream” memiliki ambitus suara yang luas dimana nada paling rendah adalah nada F3 dengan pengolahan interval atau jarak nada yang berurutan membuat interval nada tidak jauh dari nada sebelumnya, yaitu dengan nada G3 – F3 atau biasa disebut interval sekonde sehingga mudah untuk dibunyikan. Sedangkan nada paling tinggi memiliki pengolahan interval nada yang lebih dari 1 oktaf dari nada sebelumnya yaitu dari nada C5 – F6 dengan menggunakan teknik whistle register namun terdapat tanda fermata pada nada F6 yang artinya hitungan pada nada tersebut dihentikan sementara selama panjang nafas Regita, sehingga tidak terburu-buru untuk perpindahan resonansi, dan pengambilan nafas sebelum menyanyikan lagu berikutnya. 2) Teknik vokal dalam menyanyikan lagu “Dear Dream” yang dilakukan oleh Regita memiliki beberapa tahap, atara lain sikap tubuh, teknik pernafasan, resonansi, intonasi, artikulasi, frasering, dan interpretasi. Pada lagu “Dear Dream” juga terdapat beberapa artikulasi teknik atau penerapan teknik, antara lain teknik whistle register, legato, dinamika, accent, dan fermata.
Kata Kunci : Lagu “Dear Dream”, Ambitus, Artikulasi Teknik Vokal, Lagu Anak.
The song "Dear Dream" is a composition of songs created by Erwin Gutawa, Gita Gutawa and Ria Leimena that does not actually include songs for children's needs, because it has a different sound ambitus from the convention of children's songs in general. The problem formulation in this study is How to Ambitus and Articulate Vocal Techniques on the Song "Dear Dream". The research approach to be used is qualitative research method. The results in this study showed that 1) Ambitus on the song "Dear Dream" has a broad sound ambitus where the lowest tone is F3 tone with interval processing or sequential tone distance makes the tone interval not far from the previous tone, namely with the tone G3 - F3 or commonly called second interval so that it is easy to sound. While the highest tone has a tone interval processing that is more than 1 octave from the previous tone that is from the tone C5 - F6 using whistle register technique but there is a tear mark on the tone F6 which means the count on the tone is suspended for the length of Regita breath, so there is no rush to resonance displacement, and breath taking before singing the next song. 2) The vocal technique in singing the song"Dear Dream" performed by Regita has several stages, including body attitude, breathing techniques, resonance, intonation, articulation, phrasering, and interpretation. In the song "Dear Dream" there are also several articulation techniques or application of techniques, including whistle register techniques, legato, dynamics, accents, and fermata.
Keywords: "Dear Dream” song, Ambitus, Articulation Vocal Techniques, Children's Songs.