Kata Kunci guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan evaluasi penilaian dan pengukuran.
Keberadaan guru sebagai salah satu unsur dalam menentukan kualitas pendidikan di Indonesia menjadikan peran dan kedudukan nya sangat vital dalam dunia pendidikan. Selain mengajar salah satu tugas pokok guru adalah melakukan penilaian dan evaluasi hasil belajar siswa sesuai dengan UU No 14 bab 3 pasal 20 tahun 2005 bahwa dalam melaksanakan tugas keprofesionalan guru berkewajiban merancangkan pembelajaran melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu serta menilai dan mengevaluasi hasil belajar siswa.
Namun berdasarkan hasil pengumpulan informasi dan hasil analisi kebutuhan, peneliti menemukan bahwa masih banyak guru yang mengalami kesulitan dalam melakukan penilain dan evaluasi hasil belajar siswa. Dari hasil analisis kebutuhan pada guru pjok di Kecamatan Taebenu menunjukan bahwa mayoritas guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Kecamatan Taebenu kesulitan dalam melakukan penilaia dan data hasil monitoring dan evaluasi penggunaan K13 tingkat Sekolah Menengah Pertama juga menunjukan 60% responden guru sulit dalam melakukan penilaian. Berdasarkan uraian diatas, maka perlu dikembangkan sebuah produk yang kedepannya dapat membantu guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dalam melakukan penilaian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggembangkan dan menghasilkan produk Kartu Pengukur Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Pertama pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Kecamatan Taebenu Kabupaten Kupang berupa manual dan microsoft excel.
Penelitian ini mengacu pada model penelitian dan pengembangan researh and development oleh Borg and Gall Gall 1983 dan teknik analisis presentase sebagai teknik analisis data. Hasil evaluasi ahli pembelajaran memperoleh nilai 91.25% sehingga produk tersebut layak untuk diuji cobakan. Hasil uji coba lapangan awal memperoleh nilai 87.5 % dan uji coba lapangan utama dengan nilai 94.2%. Dari data hasil evaluasi ahli pembelajarn dan uji coba lapangan awal dan uji coba lapangan utama menunjukan bahwa produk Kartu Pengukur Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Pertama pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Kecamatan Taebenu Kabupaten Kupang layak untuk digunakan.
Keywords sports and health physical education teachers evaluation assessment and measurement.
The existence of teachers as one of the elements in determining the quality of education in Indonesia makes its role and position very vital in the world of education. In addition to teaching one of the main tasks of the teacher is to assess and evaluate student learning outcomes in accordance with Law No. 14 chapter 3 article 20 of 2005 that in carrying out professionalism tasks the teacher is obliged to design learning implement quality learning processes assess and evaluate student learning outcomes .
But based on the results of information gathering and the results of needs analysis researchers found that there were still many teachers who had difficulty in assessing and evaluating student learning outcomes. From the results of the needs analysis on the corner teacher in Taebenu Subdistrict the majority of sports and health physical education teachers in Taebenu Subdistrict had difficulty in assessing and the results of monitoring and evaluation of the use of the K13 junior high school level also showed that 60% of teacher respondents found it difficult to assess. Based on the description above it is necessary to develop a product that in the future can help physical education sports and health teachers in conducting assessments. The purpose of this study was to develop and produce a product of the junior high school student competence measuring card on sports physical education and health learning in Taebenu Kupang District in the form of manual and microsoft excel.
This research refers to the research and development researh and development model by Borg and Gall Gall 1983. The results of the learning expert's evaluation obtained a value of 91.25% so that the product was worth testing. The results of the initial field trials scored 87. 5% and main field trials with a value of 94.2%. From the data from the learning evaluation expert and the initial field trials and the main field trials show that the products of the Junior High School Student Competency Measuring Card on Physical and Physical Education Learning in Taebenu District Kupang Regency are feasible to use.