pengaruh penggunaan engine control unit (ECU) unlimiter terhadap engine motor yamaha v-ixion 150 cc
THE EFFECT OF USING UNLIMITER ENGINE CONTROL UNIT(ECU) ON YAMAHA V-IXION 150 CC ENGINE MOTOR
Pada saat ini sistem pengapian konvensional pada sepeda motor telah mengalami perkembangan yaitu sistem pengapian ECU(Engine Control Unit). Maka penelitian ini akan mencari hasil dari perbandingan antara ECU standart dan ECU BRT, apakah ada perbandingan yang berbeda saat menggunakan ECU BRT. Manfaat dari penelitian untuk menambah wawasan bagi pengguna kendaraan dan mahasiswa tentang pengaruh penggunaan ECU.
Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi-experimen). Dalam penelitian ini, perlakuan berupa perbedaan jenis ECU yang digunakan pada sepeda motor yait : ECU standar dari sepedah motor V-ixion 150 cc dan ECU modifikasi menggunakan tipe ECU BTR JUKEN. Dalam Variabel ini dilihat dari perubahan yang terjadi pada daya dan torsi. Variabel kontrol adalah putara mesin 3000 – 9000 rpm, temperatur oli,temperatur ruang uji,kelembapan udara ruang uji,bahan bakar yang digunakan pertamax. Bahan penelitian yang digunakan adalah ECU BRT JUKEN. Objek penelitian menggunakan ECU standart dan menggunakan ECU BRT JUKEN/modifikasi dan eksperimen ini menggunakan mesin yamaha v-ixion 150 cc. Standart pengujian Society of Automotive Engineers (SAE) J1349, yaitu adalah “Engine Test Code-Spark.
Ignition and Compression Ignition-Net Power Rating”. Penelitian ini termasuk deskriptif kuantitatif yang bersifat eksperimental, yaitu suatu penelitian dimana peneliti sengaja membangkitkan timbulnya suatu kejadianatau keadaan, kemudian diteliti bagaimana akibatnya.
Dilihat dari hasil penelitihan dapat dihitung berapa persentase naik dan turunnya performa mesin dimasing-masing penggunaan ECU. penurunan performa terjadi bervariasi di ECU Standar dan ECU unlimiter (BRT),besaran hasil dari pengujian dari ECU Standar menghasilkan daya 13,4 dan torsi 12,1 sedangkan daya dan torsi dari penggunaan ECU Unlimiter (BRT) yang didapat dari pengujian menghasilkan daya 13,8 dan torsi 12,3 kenaikan daya menjadi 2,9%. Jika ingin meningkatkan performa pada penggunaan ECU unlimiter (BRT) dan menggunakan setingan E-Map dimesin standar baiknya menggunakan settingan mapping dari remot ECU tersebut atau mengunakan laptop supaya lebih jelas, yang tepat karena pada hasil penelitian pada mapping tersebut didapat hasil performa yang meningkat dari penggunaan ECU Standar.
Kata kunci : Engine Control Unit (ECU), Peforma Motor, Yamaha Vixion 150cc
this time the conventional ignition system on motorcycles has developed, namely the ECU (Engine Control Unit) ignition system. So this study will look for the results of the comparison between the standard ECU and the BRT ECU, whether there is a different comparison when using the BRT ECU. The benefit of the research is to add insight for vehicle users and students about the effect of using the ECU.
The type of research used is a quasi-experimental (quasi-experimental). In this study, the treatment is in the form of different types of ECUs used on motorcycles, namely: standard ECU from a 150 cc V-Ixion motorcycle and a modified ECU using the BTR JUKEN ECU type. This variable is seen from the changes that occur in power and torque. Control variables are engine speed 3000 – 9000 rpm, oil temperature, test room temperature, test room air humidity, fuel used by Pertamax. The research material used is the ECU BRT JUKEN. The research object uses a standard ECU and uses a JUKEN BRT ECU/modification and this experiment uses a 150 cc Yamaha v-Ixion engine. The testing standard of the Society of Automotive Engineers (SAE) J1349, namely "Engine Test Code-Spark Ignition and Compression Ignition-Net Power Rating". This research includes descriptive quantitative experimental, which is a study in which the researcher deliberately evokes an event or situation, then how to produce an event.
Judging from the results of the study, it can be calculated the percentage of increase and decrease in engine performance in each use of the ECU. Performance degradation occurs varies in the Standard ECU and unlimiter ECU (BRT), the results from the Standard ECU test produce 13.4 power and 12.1 torque while the power and torque from the use of the Unlimiter ECU (BRT) obtained from the test produces 13.8 power and torque 12.3 power increase to 2.9%. If you want to improve performance on the use of the unlimited ECU (BRT) and the use of E-Map on a standard machine, you should use the mapping settings from the remote ECU or use a laptop to make it clearer, which is correct because the results of research on the mapping obtained increased performance results from using Standard ECU.
Keywords:Engine Control Unit (ECU), Motor Performance, Yamaha Vixion 150cc