ABSTRAK
Pengembangan Buku Ajar Berbasis STAD untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Korespondensi di SMK Negeri 1 Bangkalan
Nama : Muhimatul Khoiroh
NIM : 15080314044
Program Studi : S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Jurusan : Pendidikan Ekonomi
Fakultas : Ekonomi
Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Durinda Puspasari, S.Pd., M.Pd.
Penelitian pengembangan ini mempunyai beberapa tujuan, diantaranya untuk mengetahui : (1) pengembangan buku ajar berbasis STAD sesuai K-13 revisi 2017 pada Mata Pelajaran Korespondensi sebelum dan sesudah dikembangkan; (2) kelayakan buku ajar berbasis STAD pada Mata Pelajaran Korespondensi setelah dikembangkan; (3) respon siswa kelas X OTKP 1 terhadap buku ajar berbasis STAD pada Mata Pelajaran Korespondensi setelah dikembangkan; dan (4) peningkatan keaktifan siswa terhadap buku ajar berbasis STAD pada Mata Pelajaran Korespondensi. Sehingga, dengan adanya buku ajar mampu mudahkan siswa dalam memahami materi yang disajikan dengan dilengkapi contoh, ilustrasi gambar yang sesuai dengan materi, dan penugasan yang beragam baik tugas kelompok maupun individu (kuis), tes formatif, dan tes sumatif, serta menyiapkan siswa abad 21.
Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model pengembangan dari Thiagarajan yakni 4-D yang meliputi tahap define, design, develop, dan disseminate. Dalam penelitian ini, tahap disseminate tidak dilakukan karena penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengembangkan produk yang dapat digunakan sebagai sumber belajar. Akan tetapi, penelitian ini dilakukan eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa. Penelitian ini dilakukan pada 20 siswa kelas X OTKP 1 SMK Negeri 1 Bangkalan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi kelayakan buku ajar, lembar angket respon siswa, lembar pengamatan keaktifan siswa dan lembar hasil belajar berupa pre-test dan post-test. Teknik analisis data validasi dan pengamatan keaktifan siswa menggunakan data kuantitatif dan diinterpretasikan ke dalam skala likert. Sedangkan data respon siswa dianalisis dengan kuantitatif dan diinterpretasikan ke dalam skala guttmen.
Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah (1) proses validasi buku ajar menunjukkan bahwa buku ajar berbasis STAD sesuai dengan silabus K-13 revisi 2017 serta lebih lengkap dari segi penyajian materi dan penugasan; (2) validasi dari keseluruhan aspek memperoleh 84,17% dengan kriteria sangat layak; (3) respon siswa memperoleh 95,05% dengan kriteria sangat layak dan; (4) peningkatan keaktifan siswa memperoleh 80,75% dengan kriteria sangat tinggi, serta hasil belajar pre-test dan post-test memperoleh persentase masing-masing sebesar 57,25% dan 84%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Buku Ajar Berbasis STAD untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Korespondensi di SMK Negeri 1 Bangkalan dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar dan mampu meningkatkan keaktifan siswa saat buku ajar digunakan. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan mengembangkan buku ajar dalam dua semester yakni semester gasal dan genap, serta melakukan tahap disseminate.
Kata Kunci : Buku Ajar, Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions), Model Pengembangan 4-D, Hasil Belajar, dan Keaktifan Siswa.
ABSTRACT
Development of STAD-Based Textbooks to Increase Student Activity in Correspondence Subjects at SMK Negeri 1 Bangkalan
Name : Muhimatul Khoiroh
Study Program : S1 Office Administration Education
Major : Economic Education Faculty of Economics
Institution : Surabaya State University
Supervisor : Durinda Puspasari, S.Pd., M.Pd.
This development research has several objectives, including to find out: (1) the development of STAD based textbooks according to K-13 2017 revision in Correspondence Subjects before and after development; (2) the feasibility of STAD-based textbooks on Correspondence Subjects after being developed; (3) class X OTKP 1 students' responses to STAD-based textbooks on Correspondence Subjects after being developed; and (4) increasing student activity towards STAD based textbooks on Correspondence Subjects. Thus, the presence of textbooks is able to make it easy for students to understand the material presented with examples, illustration illustrations that fit the material, and diverse assignments both group and individual assignments (quizzes), formative tests, and summative tests, and prepare 21st century students .
The development model used in this research is the development model of Thiagarajan which is 4-D which includes the define, design, develop, and disseminate stages. In this study, the disseminate stage was not carried out because this study had the aim of developing products that could be used as learning resources. However, this study was conducted experimentally with the aim to find out the increase in student activity. This research was conducted on 20 students of class X OTKP 1 SMK Negeri 1 Bangkalan. The instruments used in this study were the validation sheet of the textbook feasibility, the student response questionnaire sheet, the student activity observation sheet and the learning outcome sheet in the form of pre-test and post-test. Data validation analysis techniques and observations of student activity using quantitative data and interpreted on a Likert scale. Whereas student response data were analyzed quantitatively and interpreted on a guttmen scale.
The results of this development research are (1) the textbook validation process shows that STAD based textbooks are in accordance with the 2017 revised K-13 syllabus and are more complete in terms of material presentation and assignment; (2) validation of all aspects obtained 84.17% with very decent criteria; (3) the response of students gained 95.05% with very decent criteria and; (4) the increase in students' activeness gained 80.75% with very high criteria, and the pre-test and post-test learning outcomes obtained percentages of 57.25% and 84%, respectively. So it can be concluded that the Development of STAD-Based Textbooks to Increase Student Activity in Correspondence Subjects at SMK Negeri 1 Bangkalan was declared appropriate to be used as teaching material and was able to increase student activity when textbooks were used. Suggestions for further researchers are expected to develop textbooks in two semesters namely odd and even semester, as well as conducting disseminate stages.
Keywords: Textbooks, STAD (Student Teams Achievement Divisions) Learning Model, 4-D Development Model, Student Learning Outcomes, and Activities.