PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KINGDOM CARD PADA MATERI BENTUK DAN FUNGSI TUBUH PADA HEWAN DAN TUMBUHAN
DEVELOPMENT OF KINGDOM CARD LEARNING MEDIA ON THE MATERIAL OF BODY SHAPES AND FUNCTIONS IN ANIMALS AND PLANTS
Proses pembelajaran merupakan aktivitas yang tentunya dilakukan oleh peserta didik dalam upaya menggapai tujuan pembelajaran, namun dalam rangka mencapai tujuan Pendidikan ditemukan beberapa kekurangan dalam proses pembelajaran seperti kurangnya fasilitas dan media pembelajaran sehingga banyak peserta didik yang belum menguasai materi yang sudah diajarakan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE (Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation), Data dikumpulkan menggunakan angket yang diperoleh dari ahli materi, media, dan para siswa kelas IV, serta wali kelas IV. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah: (1) Kevalidan media pembelajaran yang digunakan mencapai presentase 86%, (2) Kepraktisan media yang digunakan mencapai presentase 95%, dan keefektivan media mencapai presentase 66%. Jadi media yang digunakan mempunyai daya tarik kepada peserta didik dan membuat peserta didik mudah memahami materi yang diajarkan, serta sebagai tenaga pendidik harus memiliki motivasi serta kreatifitas dalam membuat media pembelajaran.
Kata Kunci: pengembangan, media kartu, model ADDIE
The learning process is an activity that is definitely carried out by students in an effort to achieve educational goals, but in order to achieve educational goals found some shortcomings in the learning process such as lack of learning facilities and media so that many learners do not understand the material that has been taught. Research aims to find out the validity, practicality, and effectiveness of learning media on the learning outcomes of elementary school fourth grade students. This study uses the ADDIE (Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation) method, data is collected using questionnaires obtained from media experts, material experts, class IV learners, and fourth-class guardian teachers. The results of this research and development are: (1) The validity of the learning media used reaches a percentage of 86%, (2) The practicality of the media used reaches a percentage of 89%, and the effectiveness of the media reaches a percentage of 70%. So the media used has an attraction to students and makes it easy for students to understand the material taught. and as educators must have motivation and creativity in making learning media.
Keywords: development, card media, ADDIE models.