Berpikir kreatif adalah aktivitas mental untuk menemukan ide baru yang sesuai dengan permasalahan. Mengetahui proses dari berpikir kreatif itu hal yang penting. Proses berpikir kreatif merupakan gambaran nyata bagaimana kreativitas terjadi. Setelah mengetahui gambaran bagaimana kreativitas itu terjadi, selanjutnya dapat dilakukan tindakan pembinaan pengembangan kreativitas siswa.
Terdapat faktor yang dapat mempengaruhi proses berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematika diantaranya adalah tingkat kemampuan matematika yang dimiliki siswa dan perbedaan jenis kelamin.
Penelitian ini mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa laki-laki dan perempuan berkemampuan matematika tinggi dalam memecahkan masalah matematika pada materi segitiga dan segiempat. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa SMP kelas VIII, terdiri dari satu siswa laki-laki dan satu siswa perempuan berkemampuan matematika tinggi. Instrumen pada penelitian ini menggunakan tes kemampuan matematika (TKM), tes memecahkan masalah matematika (TMMM) dan wawancara.
Hasil dari penelitian ini adalah proses berpikir kreatif siswa laki-laki dan perempuan berkemampuan matematika tinggi melalui tahap mensintesis ide, membangun ide, merencanakan penerapan ide dan menerapkan ide. Siswa laki-laki berkemampuan matematika tinggi dalam mensintesis ide dengan menalar apa diketahui dan ditanyakan. Dalam membangun ide, dia sedikit mengalami kesulitan memunculkan cara penyelesaian. Dalam merencanakan penerapan ide, dia mempertimbangkan kemudahan, dia memunculkan dua cara yang hampir sama. Dalam menerapkan ide, dia menuliskan langkah-langkah penyelesaian yang direncanakan, kemudian dia memeriksa kembali jawaban dan dia sangat yakin bahwa jawaban yang diberikan benar. Siswa perempuan berkemampuan matematika tinggi dalam mensintesis ide dengan menalar apa yang diketahui dan ditanyakan. Dalam membangun ide, dia tidak mengalami kesulitan memunculkan cara penyelesaian. Dalam merencanakan penerapan ide, dia mempertimbangkan kemudahan, dia memunculkan tiga cara yang berbeda. Dalam menerapkan ide, dia menuliskan langkah-langkah penyelesaian yang direncanakan, kemudian dia memeriksa kembali jawaban dan dia sangat yakin bahwa jawaban yang diberikan benar.
Kata kunci : proses berpikir kreatif, pemecahan masalah, kemampuan matematika dan jenis kelamin
Creative thinking is a mental activity to find new ideas that fit the problem. Knowing the process of creative thinking is important. The process of creative thinking is a real picture of how creativity occurs. After knowing the description of how creativity occurs, further action can be taken to develop students’ creativity.
There are factors that can influence students’ creative thinking processes in solving mathematical problems including the level of mathematical abilities students and gender.
This research describes the creative thinking process of male and female students with high mathematical abilities in solving mathematical problems in triangular and quadrilateral material. This research is a descriptive study with a qualitative approach. The subject of this research is grade VIII junior high school students, consisting of one male and one female student with high mathematical abilities. Instrument in this study used mathematical ability tests (TKM), mathematical problem solving tests (TMMM) and interviews.
The results of this study are the creative thinking process of male and female students with high mathematical abilities through the stages of synthesizing ideas, building ideas, planning the application of ideas and applying ideas. Male students with high mathematical abilities in synthesizing ideas by reasoning are known and asked. When he saw a picture in the question, he just know one picture, this is a rhombus. In building ideas, he has a little difficulty raising a solution. In planning the application of ideas, he considered convenience and brought up two almost identical ways. In applying the idea, he writed the step for solved the problem, then he reviewed the answer and he was very sure that the answer given was correct. Female students with high mathematical abilities are able to synthesize ideas by reasoning with what is known and asked. When she saw a picture in the question, she can know two picture, there are rhombus and triangle. In building ideas, she has no difficulty raising solutions. In planning the application of ideas, she considered convenience and gave rise to three different ways. In applying the idea, she writed the step for solved the problem, then she reviewed the answer and she was very sure that the answer given was correct.
Keywords : process of creative thingking, problem solving, mathematical abilty and gender