TEKNIK BACA MANGOLD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN
MEMBACA CERPEN (CERITA PENDEK) ANAK TUNANETRA
MANGOLD READING TECHNIQUES TO IMPROVE SKILLS
READING SHORT STORIES (SHORT STORIES) FOR BLIND CHILDREN
Tunanetra memiliki masalah pada fungsi penglihatan yang memerlukan teknik belajar khusus yang berbeda
dengan anak pada umumnya. Dalam membaca anak tunanetra kesulitan memperoleh informasi kurangnya
keterampilan membaca sehingga mereka kesulitan memperoleh informasi dari sebuah teks. Oleh karena itu
diperlukan teknik khusus yang dapat meminimalisir masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
implementasi teknik baca mangold yang dapat meningkatkan keterampilan membaca cerita pendek anak
tunanetra. Dalam pelaksanaannya teknik baca mangold disesuaikan dengan kemampuan anak. teknik baca
mangold memiliki beberapa tahapan yaitu mengenalkan huruf dasar sampai dengan kalimat sederhana. Metode
review literatur diterapkan dalam penelitian ini. Sumber penelitian diperoleh dari buku dan artikel dari jurnal-
jurnal sesuai topik. Analisis data dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Hasil analisis menunjukan bahwa pada
penelitian jenis Studi Pustaka menunjukkan hasil bahwa teknik baca mangold diterapkan pada anak tunanetra dari
berbagai usia untuk membantu meminimalisir kesalahan pada saat membaca sebuah teks bacaan dan berpengaruh
terhadap kemampuan membaca braille anak tunanetra serta dapat melatih kemampuan taktual siswa dalam
mengenal huruf-huruf braille. Pada penelitian jenis Pre-Eksperimen nilai rata-rata pre-test yaitu 49% dan pada
saat post-test menjadi 77%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pada saat teknik baca mangold
dilaksanakan sesuai dengan petunjuk maka keterampilan membaca anak tunanetra akan meningkat salah satunya
dalam aspek membaca cerita pendek. Dalam hal ini peran orangtua dalam proses pembelajaran pada masa
pandemi perlu ditingkatkan.
Blind people have problems with visual function that require special learning techniques that are different from
children in general. In reading, blind children have difficulty obtaining information, lack of reading skills so that
they have difficulty obtaining information from a text. Therefore, special techniques are needed that can minimize
these problems. This study aims to analyze the implementation of the mangold reading technique that can improve
the short story reading skills of blind children. In its implementation, the mangod reading technique is adjusted to
the child's ability. The mangold reading technique has several stages, namely introducing basic letters to simple
sentences. The literature review method was applied in this study. The research sources were obtained from books
and articles from journals according to the topic. Data analysis was carried out with a quantitative approach. The
results of the analysis show that in the type of literature study, the results show that the mangold reading technique
is applied to blind children of various ages to help minimize errors when reading a reading text and affect the
ability to read braille for blind children and can train students' tactile abilities in recognizing letters. braille. In the
Pre-Experiment type, the average value of the pre-test was 49% and at the post-test it was 77%. Thus, it can be
concluded that when the mangold reading technique is carried out according to the instructions, the reading skills
of blind children will increase, one of which is in the aspect of reading short stories. In this case, the role of parents
in the learning process during the pandemic needs to be increased.