ANALISIS MANAJEMEN KOMUNITAS MUSIK “SURABAYA BEATBOX COMMUNITY” DI KOTA SURABAYA
MUSIC COMMUNITY MANAGEMENT ANALYSIS OF “SURABAYA BEATBOX COMMUNITY” IN THE CITY OF SURABAYA
Abstrak
Surabaya Beatbox Community adalah komunitas yang berasal dari Kota Surabaya yang terbentuk pada 7 September 2010. Manajemen yang dikelola dengan baik oleh Surabaya Beatbox Community menjadikan pengurus dan para anggota dapat bersinergi dalam kemajuanmanajemen Surabaya Beatbox Community. Permasalahan yang dibahas adalah tentang bagaimana manajemen Surabaya Beatbox Community, serta apa saja kendala dan solusi Surabaya Beatbox Community dalam mengelola komunitas beatbox. Tujuan penelitian iniadalah untuk menganalisis pengelolaan manajemen Surabaya Beatbox Community, serta menganalisis apa saja kendala dan solusi dari Surabaya Beatbox Community dalam mengelola komunitas beatbox. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan manajemen yang dilakukan meliputi kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh Surabaya Beatbox Community yaitu mengadakan kegiatan berkumpul dan latihan rutin guna meningkatkan dan mengembangkan skill dari para anggota dan juga meningkatkan solidaritas antar sesama anggota komunitas, serta mengikuti berbagai ajang kompetisi beatbox untuk meraih lebih banyak prestasi di dunia beatbox.Kata Kunci : Manajemen, Komunitas, Beatbox, Surabaya
Abstract
Surabaya Beatbox Community is a community originating from the city of Surabaya which was formed on September 7, 2010. Management that is well managed by the Surabaya Beatbox Community makes the and members able to work together in the progress of the Surabaya Beatbox Community management. The problem discussed is about how the Surabaya Beatbox Community management is, as well as what are the obstacles and solutions of Surabaya Beatbox Community in managing the beatbox community. The results of this study indicate that the management carried out includes activities held by Surabaya Beatbox Community, namely holding regular gatherings and exercises to improve and develop the skills of the members and also increase solidarity among fellow community members, as well as participating in various beatbox competition events to achieve more achievements in the beatbox world.Keywords : Management, Community, Beatbox, Surabaya