Penelitian yang dilakukan untuk mengatasi masalah kurangnya pemanfaatan media yang menarik minat belajar siswa terutama di masa pandemi Covid-19 dan kurang beragamnya penggunaan aplikasi simulator rangkaian elektronika. Tujuan penelitian yaitu untuk menghasilkan produk media belajar berupa modul elektronik (e-module) yang layak untuk digunakan oleh siswa kelas XI Jurusan TEI yang ditinjau dari aspek kevalidan dan respon siswa. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan model penelitian ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, and Evaluation) menggunakan desain penelitian One-Shot Case Study dengan teknik pengumpulan data melalui lembar validasi, angket respon siswa, dan tes evaluasi. Penelitian ini diujicobakan kepada 30 orang siswa kelas XI TEI 1. Kevalidan media yang dihasilkan divalidasi oleh 2 orang validator yang merupakan dosen Teknik Elektro Universitas Negeri Surabaya dan 1 guru mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika di SMKN 1 Jabon. Penelitian ini menghasilkan data berupa tingkat kevalidan media e-modul rata-rata sebesar 90,21% dengan kategori Sangat Valid, kevalidan RPP sebesar 75% dengan kategori Valid, dan kevalidan butir soal sebesar 89,58% dengan kategori Sangat Valid. Respon siswa yang diperoleh sebesar 95,18% dengan kategori Sangat Valid artinya dapat dikatakan bahwa e-modul memperoleh respon yang baik dari siswa. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul pada penelitian ini layak untuk diterapkan pada proses pembelajaran mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika.
The research was conducted to overcome the problem of the lack of use of media that attracts student interest in learning, especially during the Covid-19 pandemic and the lack of diversity in the use of electronic circuit simulator applications. The purpose of the research is to produce learning media products in the form of electronic modules (e-modules) that are suitable for use by class XI students of the TEI Department in terms of validity and student responses.This development research was conducted using the ADDIE research model (Analyze, Design, Development, Implement, and Evaluation) using a One-Shot Case Study research design with data collection techniques through validation sheets, student response questionnaires, and evaluation tests. This study was tested on 30 students of class XI TEI 1. The validity of the resulting media was validated by 2 validators who were lecturers of Electrical Engineering, State University of Surabaya and 1 teacher of the subject of Application of Electronic Circuits at SMKN 1 Jabon. This study produces data in the form of an average e-module media validity level of 90.21% in the Very Valid category, the validity of the lesson plans by 75% in the Valid category, and the validity of the items in the 89.58% with the Very Valid category. The student response obtained was 95.18% with a Very Valid category, meaning that it can be said that the e-module received a good response from students. Based on these data, it can be concluded that the e-module in this study is feasible to be applied to the learning process of the subject of Application of Electronic Circuits.