Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan sebuah produk. Serta menguji keefektifan dari sebuah produk yang dikembangkan. Produk yang dikembangkan berupa perangkat bimbingan klasikal bidang pribadi sosial melalui Higher Order Thinking Skills (HOTS) untuk siswa kelas VII yang memenuhi akseptabilitas produk meliputi kegunaan, kelayakan, kepatutan dan ketepatan. Tujuan dikembangkannya produk untuk memfasilitasi Guru Bimbingan dan Konseling dalam melaksanakan layanan bimbingan klasikal bidang pribadi sosial siswa kelas VII. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Pengembangan perangkat ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan Borg & Gall, dengan langkah sebagai berikut studi pendahuluan, pengembangan produk, validasi ahli materi dan media, uji coba pengguna produk dan revisi produk.
Teknis analisis data yang digunakan dalam peneltian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil validasi dari ahli materi produk memperoleh nilai sebesar 83% dengan kriteria produk sangat baik, tidak perlu direvisi. Oleh ahli media produk memperoleh nilai CVI sebesar 0.71, maka produk dapat dikatakan sangat sesuai sehingga dapat digunakan lebih lanjut. Dan hasil dari calon pengguna produk diperoleh hasil CVI sebesar 0.7 dengan kriteria produk sangat sesuai dan dapat digunakan lebih lanjut. Sedangkan untuk data kualitatif yaitu berupa saran dan masukan dari ahli materi dan media serta dari calon pengguna produk. Berdasarkan saran dan masukan dari ahli materi dan media, perangkat bimbingan klasikal bidang pribadi sosial sudah dilakukan revisi sesuai dengan masukan para ahli. Maka perangkat bimbingan klasikal bidang pribadi dan sosial sudah memenuhi kriteria akseptabilitas diterimanya produk yang mencakup aspek kegunaan, kelayakan, kepatutan dan ketepatan.
Kata kunci: pengembangan, Higher Order Thinking Skills (HOTS), bimbingan klasikal, pribadi sosial
The study aims to develop and produce a product. It is also to test the effectiveness of the product developed. The product which is developed is in the form of classical guidance tool for the social person field through Higher Order Thinking Skills (HOTS) for seventh grade students who fulfill usability, feasibility, propriety and accuracy. The purpose of developing the product is to facilitate Guidance and Counseling Teachers in carrying out classical guidance service in social person field of the seventh grade students. The type of research that is used is development research. The development of this tool is carried out using the Borg & Gall development model, with the following steps such as preliminary study, product development, material and media experts’ validation, trial of product users and product revision.
The data analysis technique used in this research is quantitative and qualitative. The result of the validation of product material experts obtain a value of 0.83% with appropriate product criteria and could be used further. The result of product media experts obtain a CVI value of 0.71, then it could be considered very suitable so that it could be used further. And the result of prospective product users obtained CVI result of 0.7 with very suitable product criteria and could be used further. Whereas for qualitative data is in the form of suggestion and input from material and media experts as well as prospective product users. The classical guidance tool in social person field has been revised based on the suggestion and input of material and media experts. So, it has obviously fulfilled the criteria which also includes the aspects of usability, feasibility, propriety and accuracy.
Keywords : development, Higher Order Thinking Skills (HOTS), classical guidance, social personal