Dari permasalahan yang telah ditemukan yaitu
1). Dalam menjelaskan materi pendidik hanya menggunakan buku paket sebagai
media pembelajaran, 2). Pendidik menyampaikan materi kepada peserta didik hanya
secara verbal, 3). Selain itu, dengan menggunakan buku paket sebagai media
peserta didik mengalami kendala sebab pada peserta didik jurusan IPS kelas X
kurang nya minat terhadap membaca materi yang ada di buku paket, 4). Terdapat
nilai peserta didik yang masih belum mencapai KBM pada beberapa materi. Salah
satunya pada materi Pengaruh Tektonisme Terhadap Kehidupan yang sangat
memprihatinkan dari 34 siswa hanya 5 siswa yang mengalami ketuntasan belajar
sedangkan ketuntasan minimal yang ada disekolah tersebut khususnya mata
pelajaran Geografi kelas X yaitu 70. Sesuai dengan analisis kebutuhan dan
karakteristik peserta didik serta lingkungan pembelajaran maka dilakukan
pengembangan media CAI (Computer Assisted
Instruction ) pada materi Pengaruh Tektonisme Terhadap Kehidupan mata
pelajaran Geografi Kelas X IPS di SMA Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo.
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk
mengembangkan media CAI yang layak dan efektif pada materi pengaruh tektonisme
terhadap kehidupan. Model pengembangan yang digunakan ialah model pengembangan
ADDIE. Untuk mengetahui kelayakan sebuah media dilakukan validasi kepada ahli
materi dan media dengan menggunakan instrumen wawancara terstruktur serta
melakukan uji coba perorangan & kelompok kecil dengan menggunakan angket.
Sedangkan untuk mengetahui keefektifan sebuah media dengan melakukan uji coba
kelompok besar kepada peserta didik menggunakan instrumen tes.
Data yang diperoleh berupa data
kuantitatif yang diperoleh dari hasil wawancara terstruktur, angket dan tes.
Jenis penelitian ini quasi eksperimen dengan
pretest – postest one grup design .
Hasil analisis validasi ahli materi I & II diperoleh presentase 96,4% ,
ahli media dengan presentase 91,7%, uji coba perorangan 88,9%, uji coba
kelompok kecil 84,3% serta uji coba kelompok besar 91%. Berdasarkan hasil
presentase tersebut termasuk kriteria sangat baik sehingga media CAI materi
Pengaruh Tektonisme Terhadap Kehidupan dinyatakan layak.
Sedangkan hasil uji t dengan melakukan pre test dan post test diperoleh hasil
sebesar 19,74 yang
kemudian dicocokkan dengan 𝑡 𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan taraf signifikan
5% dan db=34-1, sehingga diperoleh 𝑡 𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 sebesar 1,692. Sehingga 𝑡 ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 lebih besar dari 𝑡 𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu 19,74 > 1,692. Maka penggunaan media
CAI dapat dikatakan sudah efektif.
Kata kunci :
Media, Computer Assisted Instruction (CAI), Pengaruh Tektonisme Terhadap
Kehidupan