PENGEMBANGAN MEDIA E-BOOK INTERAKTIF PADA SUB MATERI PERMINTAAN, PENAWARAN, DAN HARGA KESEIMBANGAN
Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi dalam proses belajar mengajar sehingga dapat merangsang perhatian dan minat peserta didik dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Pengembangan Media Pembelajaran E-book Interaktif Pada Mata Pelajaran Permintaan, Penawaran, dan Harga Keseimbangan. Objek dalam penelitian yaitu 20 peserta didik kelas X IIS SMA ISLAM AL-MIZAN SURABAYA. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan R&D oleh Sugiono. Jenis data yang diolah yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa kelayakan media memperoleh persentase sebesar 86,4% dengan kategori sangat layak yang terdiri dari kelayakan ahli materi sebesar 91,3%, ahli media sebesar 89,3%, ahli bahasa sebesar 80%, dan ahli grafis sebesar 85%. Dari hasil belajar peserta didik diperoleh peningkatan yang dikategorikan tinggi, data uji pretest rata-rata peserta didik memperoleh nilai 45 sedangkan pada uji posttest rata-rata peserta didik memperoleh nilai 81. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media E-Book Interaktif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada sub materi permintaan, penawaran, dan harga keseimbangan.
Kata Kunci: Media E-Book Interaktif, kelayakan media, hasil belajar.
Learning media is anything that can be used to convey a message or information in the learning process so that it can stimulate the attention and interest of students in learning. This study aims to Know the Development of Interactive Learning Media Using E-book on the subject of demand, supply, and equilibrium prices . 20 students of class X IIS ISLAMIC AL-MIZAN SURABAYA are the objects of this study. This research uses the R&D development model by Sugiono. The data used in this study is processed by the quantitative data and qualitative data method. Based on the results of the study, the feasibility of Interactive E-Book media shows a percentage of 86.4% with a very decent category consisting of material experts worth 91.3%, media experts at 89.3%, linguists at 80%, and graphic experts at 85 %. From the student's learning outcome obtained in the research, it shows an increase that is categorized high. The average grade of students' pretest is 45, while the average grade in the posttest is 81. So, it can be concluded that the Interactive E-Book media can improve student learning outcomes on sub-material demand, supply, and price balance.
Keywords: Interactive E-Book Media, demand, supply, and balance results, media feasibility, learning outcomes