ABSTRAK
PENGARUH METODE FONIK DENGAN MEDIA WORD WALL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA KATA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN
Nama : Devy Ana Anfaudyna
NIM : 15010044021
Program Studi : S-1
Jurusan : Pendidikan Luar Biasa
Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Yuliati, M.Pd
Anak tunagrahita dalam proses pembelajaran membaca kata masih memiliki kesulitan dalam membaca kata terutama kata benda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode fonik dengan media word wall terhadap kemampuan membaca kata anak tunagrahita ringan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif jenis pre-eksperimental dengan desain one group pre test-post test. Subjek yang diteliti berjumlah 8 anak. Teknik statistik dalam analisis data penelitian ini adalah wilcoxon macthed pairs. Teknik pengumpulan data berupa tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan data sebelum diberikan perlakuan memiliki nilai rata-rata 55 dan setelah diberikan perlakuan menjadi 91. Dari pengujian statistik wilcoxon matched pairs dengan manual dan SPSS menunjukkan hasil yang sama dan signifikan yaitu T < Ttabel yaitu 0 < 4, sehingga dari hal tersebut perbandingannya menjadi T lebih kecil dibandingkan dengan Ttabel, sehingga menjadi T <Ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Disimpulkan bahwa metode fonik dengan media word wall memiliki pengaruh terhadap kemampuan membaca kata siswa tunagrahita ringan di SLB Bina Bangsa Sidoarjo.
Kata Kunci : Metode fonik, Membaca Kata, Word Wall, Tunagrahita ringan.
ABSTRACT
THE INFLUENCE OF PHONIC METHOD WITH WORD WALL MEDIA TOWARD READING WORD ABILITY TO MILD MENTALLY RETARDATION
Name : Devy Ana Anfaudyna
Study Program : S-1
Department : Pendidikan Luar Biasa
Faculty : Fakultas Ilmu Pendidikan
Institution : Universitas Negeri Surabaya
Conselor : Dr. Yuliati, M.Pd
Mentally retardation children in learning process of reading word still had difficulty in reading word especially nouns. The purpose of this research was to know the influence of phonic method with Word Wall media toward reading word ability to mild mentally retardation children. The research method used was quantitative approach of pre experimental kind with one group pretest posttest design. The subjects observed were 8 children. The statistic technique in data analysis of this research was wilcoxon matched pairs. The technique of data collection was in the form of test and observation. The research result indicated that the data before being given treatment had average value 55 and after being given treatment became 91. The statistic test of wilcoxon matched pairs with manual and SPSS indicated the same and significant result i.e. T < T table was 0 < 4, so from it, the comparison became T smaller than T table so that it became T < T table so Ho was refused and Ha was accepted. The conclusion was that the phonic method with World Wall media had influence toward reading word ability to mild mentally retardation students in SLB Bina Bangsa Sidoarjo.
Keywords: Phonic method, reading words, Word Wall, mild mentally retardation.