PENGARUH SUASANA CAFE DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI MERDEKA CAFE NGANJUK
THE INFLUENCE OF CAFE ATMOSPHERE AND SERVICE QUALITY ON CONSUMER SATISFACTION AT MERDEKA CAFE NGANJUK
ABSTRAK
Nama : Isna Aminatus Sholihah
NIM : 13080324060
Program Studi : S1 Pendidikan Tata Niaga
Jurusan : Pendidikan Ekonomi
Fakultas : Ekonomi
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Dosen Pembimbing : Novi Marlena S.Pd., M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh suasana cafe terhadap kepuasan konsumen di Merdeka Cafe Nganjuk; 2) mengeahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen di Merdeka Cafe Nganjuk; 3) mengetahui pengaruh suasana cafe dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen di Merdeka Cafe Nganjuk.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen di Merdeka Cafe, sampel yang digunakan sebanyak 96 responden yang diperoleh dengan menggunakan teknik nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumen, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda dengan alat bantu SPSS versi 23.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel suasana kafe berpengaruh positf dan signifikan terhadap kepuasan konsumen di Merdeka Cafe Nganjuk dan variabel kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen di Merdeka Cafe Nganjuk. Dari hasil pengujian secara simultan variabel suasana kafe dan kualitas leyanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen di Merdeka Cafe Nganjuk.
Kata kunci: suasana cafe, kualitas layanan, kepuasan konsumen
ABSTRACT
Name : Isna Aminatus Sholihah
Study Program : S1-Marketing Education
Major : Economic Education
Faculty : Economic
Institution : State University of Surabaya
Advisor : Novi Marlena, S.Pd,. M.Si
The aim of this research 1) to know the influence of cafe atmosphere toward consumer satisfaction at Merdeka Cafe Nganjuk; 2) to know the influence of service quality toward consumer satisfaction at Merdeka Cafe Nganjuk; 3) to know the influence of cafe atmosphere and service quality toward consumer satisfaction at Merdeka Cafe Nganjuk.
The type of this research is descriptive research and quantitative approach. The population of this research is consumer of Merdeka Cafe, the quantity of sampel in this research is 96 respondent using nonprobablity sampel techniqe. To collect the data using questionnaire, document, and observation. To analyse the data in this research use classical assumtion test and multiple linear regression analysis by SPSS version 23.0.
The result of this research shows that partially cafe atmosphere have positive and significant influence toward consumer satisfaction at Merdeka Cafe Nganjuk, service quality have positive and significant influence toward consumer satisfaction toward consumer satisfaction at Merdeka Cafe Nganjuk. The simultaneously research shows that cafe atmosphere and service quality have positive and significant influence toward consumer satisfaction at Merdeka Cafe Nganjuk.
Keywords: cafe atmosphere, service quality, consumer satisfaction